49 Kelurahan di Kota Bandung Dapat Bantuan KSM

Program Pemerintah Pusat ini bertujuan untuk menaikan tingkat kesejahteraan melalui investasi dalam rangka peningkatan penghidupan masyarakat berbasis komunitas.

Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial saat berfoto bersama dengan KSM se-Kota Bandung, Jum'at (08/12/2017). (Foto: Red)

Bantuan Kelompok Swadaya Masyarakat dari program Kota Tanpa Kumuh

JABARNEWS | BANDUNG – Saat ini, setidaknya ada 49 Kelurahan di Kota Bandung mendapatkan bantuan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang berasal dari Pemerintah Pusat.

"Program Pemerintah Pusat ini bertujuan untuk menaikan tingkat kesejahteraan melalui investasi dalam rangka peningkatan penghidupan masyarakat berbasis komunitas," kata Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial, Jum'at (08/12/2017).

Oded merasa bangga dikarenakan Kota Bandung menerima jumlah bantuan kepada 49 Kelurahan dari 71 Kelurahan di Jawa Barat. Ada KSM yang mendapatkan Bantuan Dan Invenstasi (BDI) untuk kelompok usaha di tiap Kelurahan. Setiap kelompok usaha itu ada 10 sampai 20 orang dimana mendapatkan bantuan dana 20 juta.

Ia juga menambahkan, bagi KSM yang sudah mendapatkan bantuan akan akan terus dibina oleh pemerintah sampai pada tahap perizinan.

"Jika sudah mendapatkan bantuan, lalu berkembang, dan yang akan meneruskan usahanya ialah BDC (Business development center). BDC ini tugasnya adalah mempromosikan mereka, serta membina, sampai mendapatkan perizinan," tambahnya.

Sebagai penutup, Oded menilai program tersebut sangat baik dan Ia berpesan kalau mau berhasil maka yang pertama dengan bersikap sidiq (Benar), amanah, skill, dan yang terakhir harus tabligh (Silaturahmi).

Laporan: Teddy Permana
Bantuan KSM Kelompok Swadaya Masyarakat Kota Tanpa Kumuh