5 Kelurahan di Kota Bandung Capai ODF 100%

Kepada masyarakat yang memiliki balita untuk segera melakukan imunisasi difteri dan tetanus.

Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial saat menghadiri Gebyar Sanitasi, Rabu (06/12/2017). (Foto: Red)

Gebyar Sanitasi

JABARNEWS | BANDUNG – Wakil Walikota Bandung, Oded M. Danial menyampaikan apresiasinya terhadap 5 Kelurahan di Kota Bandung mencapai Open Defecation Free (ODF) 100%. 5 Kelurahan Yaitu Rancanumpang, Cihapit, Ciateul, Paledang, dan Manjahega.

"Kita berikan reward kepada yang sudah baik, kepada yang masih belum kegiatan ini bisa mengena pada seluruh masyarakat terutama kepada aparat kewilayahan harus meningkatkan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk berkolaborasi dengan kelompok program ini agar 2019 kita bisa terbebas dari sanitasi," katanya saat hadir di acara Gebyar Sanitasi di Padepokan Seni Mayang Sunda, Rabu (06/12/2017).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita menambahkan kegiatan Gebyar Sanitasi bertujuan untuk memotivasi kewilayahan di Kota Bandung agar melaksanakan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 

5 pilar tersebut yaitu tidak membuang air sembarangan, cuci tangan di air yang mengalir, mengolah air minum dan makanan yang aman, serta mengolah sampah dengan baik dan mengolah limbah rumah tangga.

"Kegiatan Gebyar Sanitasi ini adalah upaya untuk meraih dan merangkul semua komunitas masyarakat serta SKPD, perangkat daerah, dan kewilayahan terkait agar bisa membantu, mendorong, merubah perilaku higen sanitasi masyarakat," tambahnya.

Rita menjelaskan dalam ODF hal yang penting adalah pilar yang pertama, dikarenakan Virus difteri itu memang sedang meningkat khususnya di Jawa Barat. Dari 3 kasus tahun 2016 dan sekarang menjadi 7 kasus.

Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang memiliki balita untuk segera melakukan imunisasi difteri dan tetanus (DT).

"Kita harus berpegangan tangan dan berjabat erat tidak hanya Pemerintah Kota Bandung akan tetapi juga seluruh masyarakat Kota Bandung untuk sama-sama bisa berubah perilaku higen sanitasi supaya tidak buang air besar sembarangan. Jadi buang air besar itu harus di jamban yang sehat," tutupnya.

Laporan: Teddy Permana
Gebyar Sanitasi 5 Kelurahan di Kota Bandung Capai ODF 100% Open Defecation Free