Jeep Rencanakan Mobil Bertenaga Hybrid

Elektrifikasi dan hybrid di Jeep Wrangler akan mengaspal jalanan.

Kendaraan Jeep Wrangler akan Bertenaga Hybrid di 2020 (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG - Produsen otomotif Amerika Serikat, Jeep menyatakan elektrifikasi dan hybrid di Jeep Wrangler akan mengaspal jalanan paling lambat di tahun 2020 mendatang. 

CEO Jeep, Mike Manley mengungkapkan bahwa para teknisinya saat ini sedang memusatkan perhatian pada manfaat efisiensi bahan bakar dengan memasang sistem plug-in hybrid

Plug-in hybrid adalah suatu teknologi yang menggabungkan kelebihan-kelebihan mobil listrik dengan hybrid, atau dikenal sebagai plug-in hybrid, mobil hybrid dengan colokan listrik.

Pada mobil jenis ini, baterei khusus bisa diisi setrum dari luar sehingga untuk perjalanan pendek sekitar 20 mil (32 km) tidak akan menggunakan BBM setetes pun. Hal ini serupa dengan cara kerja mobil listrik murni, dan lebih hemat dari hybrid yang juga sudah hemat BBM.

Untuk perjalanan jauh tak perlu khawatir, karena begitu baterei habis, maka mesin hybrid yang akan mengambil alih. Oleh karena itu, keunggulan hybrid tetap ada dan menghilangkan batasan jarak tempuh pada mobil listrik murni.

“Elektrifikasi selalu ada pada buku-buku untuk Jeep-itu tak terelakkan,” ujar Manley.

Pihak Jeep sendiri belum mempublikasikan spesifikasi mobil hybrid-nya tersebut. 

Penggunaan tenaga hybrid dan listrik ini masih terus dipelajari lebih mendalam, termasuk penggunaan baterai yang biasanya menjadi hambatan mobil listrik. 

“Kemasan baterai sangat penting, jangan sampai baterai mengganggu kenyamanan dalam kabin,” tutur Manley.

Sumber: uzone.id
Jeep Wrangler Mobil Listrik Hybrid