Bantu UKM, Ninja Xpress Hadirkan Layanan Satu Pintu Pengadaan Barang

Tangkap layar-Konferensi pers Ninja Xpres Esecara daring dipantau di Kota Bandung, Selasa (24/5/2022). (Foto: Rian/JabarNews).

JABARNEWS | BANDUNG – Ninja Xpress hadirkan layanan satu pintu pengadaan barang (one-stop procurement solution) untuk membantu UKM yang kesulitan dalam penyediaan bahan baku khususnya dari luar negeri melalui Ninja Direct.

Berdasarkan hasil laporan yang dilakukan DPD group bersama Ninja Xpress terkait E-commerce Southeast Asia (SEA) Barometer Report 2021-Uncovering SEA online shoppers & delivery preferences, diketahui bahwa lebih dari separuh responden di Indonesia (52 persen) melakukan pembelian dari situs atau web asing, dan sebagian besar menyatakan telah melakukannya beberapa kali.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini

Selain membeli dari dalam wilayah SEA, negara Asia seperti China, Hong Kong, Taiwan, Jepang dan Korea Selatan menjadi e-commerce yang paling banyak dicari.

Baca Juga:  Dampak Kekosongan Posisi Wakil Wali Kota Bandung Terhadap Kebijakan

Namun, dalam prakteknya pembeli online khususnya shipper yang membeli bahan baku untuk tokonya dari luar negeri mengalami beberapa kendala dalam melakukan transaksi mulai dari kendala bahasa, kesulitan mencari supplier terpercaya dengan bahan baku berkualitas, rumitnya peraturan perdagangan lintas batas, hingga sulitnya melacak paket pengiriman secara real-time.

Baca Juga:  DPRD Jabar Minta Insentif Karyawan Bank BJB Ditingkatkan, Ini Tujuannya

Hal ini didukung dengan data yang menunjukkan bahwa hanya 28 persen responden dari Indonesia yang berpendapat pengiriman/pengembalian barang dari luar negeri mudah dan transparan.