Begini Cara Kapolres Purwakarta dalam Memaknai Hari Lahir Pancasila

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto saat mengikuti upacara Kelahiran Pancasila. (Foto: Dok. Humas Polres Purwakarta).

Menurutnya, hal terpenting memaknai Pancasila sebagai nilai-nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan, seperti menghormati sesama walau berbeda agama, mengakui persamaan hak dan derajat masyarakat Indonesia, saling membantu dan gotong royong dalam menjaga persatuan bangsa Indonesia.

Baca Juga:  Vaksinasi Massal, Ratusan Masyarakat Pesisir Datangi Lanal Cirebon

“Pancasila sebagai Ideologi dan Pedoman hidup dalam tatanan bernegara dan berbangsa, harus senantiasa menjadi penyemangat bangsa Indonesia dalam membangun peradaban dunia dengan mengimplementasikan nilai-nilai dan butir-butir Sila Pancasila,” ucap Hery.

Baca Juga:  Operasi Zebra Lodaya 2023 Resmi Diberlakukan di Purwakarta, Ini Targetnya

Kapolres Purwakarta menambahkan, peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pamacu dan momen akualisasi nilai-nilai Pancasila.

Baca Juga:  Amankan Pendaftaran Paslon, Polres Purwakarta Kerahkan 153 Personel

“Berbicara Pancasila bukan hanya lima sila yang dibacakan dan didengar bersama pada saat upacara bendera, melainkan harus dipraktikkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ucap AKBP Suhardi Hery Haryanto. (Gin)