Belajar di Kantor Desa, Inilah Tanggapan Orang Tua Siswa

JABARNEWS | PURWAKARTA – Di hari ke tiga, Pasca penggusuran bangunan sekolah, ratusan pelajar SD Negeri Malangnengah 1 Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta belajar di aula kantor desa setempat.

Relokasi dilakukan karena sekolah mereka dibongkar terlintasi pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Salah satu orang tua siswa, Titin Sulastri (37) mengaku, awalnya orang tua siswa keberatan kegiatan belajar mengajar dilakukan di aula desa, karena dinilai tidak akan efektif.

Baca Juga:  Pembangunan Tol Getaci, Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap Dimulai Akhir 2022, Ini Kata Jasamarga

“Awalnya orang tua siswa sebagian besar berkeinginan menunggu gedung sekolah baru selesai baru sekolah lama di robohkan, tapi hasil musyawarah dan kesepakatan bersama, kita sepakat untuk pindah sementara ke sini menunggu gedung sekolah baru selesai, dan di sini juga cukup nyaman,”ujar dia, Rabu (8/1/2020).

Terpisah, Pejabat Kepala desa Malangnengah Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta, Endang Sumarna mengatakan, proses pembangunan sekolah baru saat ini sudah mencapai 30%, sekolah baru di bangun di lahan seluas 4000 meter persegi dan ditargetkan rampung dalam waktu enam bulan.

Baca Juga:  Tragis! Geber Knalpot Bising, Seorang Pria di Kota Banjar Tewas Tabrakan

“Jadi yang di relokasi tanah sekolah dan tempat pemakaman umum ada 6000 meter persegi, dan mendapat ganti rugi seluas 8000 meter,” kata Endang.

Dirincinya, total ada tiga ruangan milik desa yang digunakan untuk sarana belajar, pertama ruangan pusekemas desa dan karang taruna.

“Untuk ruang guru menggunakan kantor PKK,” ungkap Endang.

Baca Juga:  Revitalisasi Pasar Tradisional Kota Bandung, Optimistis Kembali Bergulir

Proses belajar mengajar sendiri, tambah dia, tak menghambat terhadap pelayanan masyarakat. Sebab lokasi belajar ada di belakang kantor dan samping desa.

“Pelayanan masyarakat tetap lancar, tidak terganggu,” ujar dia.

Diketahui, kegiatan belajar mengajar dibagi dua ship, kelas 1, II dan III pukul 06.00 Wib sampai 09.00 Wib, sementara kelas 1V, V dan VI pukul 09.00 Wib sampai 12.00 Wib. (Gin)