Cegah Pelanggan Anggota, Kapolres Purwakarta Luncurkan Polisi Nyantri

Personel Polres Purwakarta saat nyantri di Pondok Pesantren Madinah Darul Barokah Lodaya Purwakarta. (Dok Polres Purwakarta)

Menurutnya, pendekatan ilmu agama sangat dibutuhkan oleh polisI agar dapat meningkatkan keimananan dan perilaku yang santun.

Untuk itu, kata Edwar, program tersebut akan terus dilaksanakan di luar Bulan Ramadan, sehingga seluruh personel Polres Purwakarta nantinya menjadi polisi santri.

“Kita juga siapkan materI tentang Kepolisian, sehingga makin memantapkan mereka dalam bertugas. Semuanya akan mendapatkan giliran termasuk saya (Kapolres), kalau yang beragama selain Islam nanti juga kita ikutkan pada program serupa. Setelah menjadi polisi santri, setidaknya bisa mencegah (polisi), jika akan melakukan pelanggaran atau penyimpangan. Kita santri kok, masa melakukan pelanggaran,” tutur perwira Polisi yang terkenal dengan keramahanya itu.

Edwar berharap, melalui program seperti ini, anggota Polres Purwakarta akan bertambah ketakwaan dan ibadahnya. Apabila anggota polisi didukung ketaqwaan dan ibadah agama yang baik, niscaya perbuatan menyimpang dalam kedinasan tak bakal terjadi.

“Diharapkan kegiatan itu bisa menambah ilmu dan iman para anggota Polres Purwakarta serta menjadi bekal mereka dalam mengemban tugas-tugas kepolisian. Jika jajaran kepolisian dalam menjalankan tugasnya membina masyarakat dengan memiliki bekal tersebut diharapkan dapat berhasil dengan baik,” ucap AKBP Edwar Zulkarnain.