Cegah Pemalsuan, KCD Wilayah IV Disdik Jabar Musnahkan Ribuan Blangko Ijazah SMK

Disdik Jabar
Pemusnahan blangko ijazah SMK di Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah IV, Dinas Pendidikan Jawa Barat. (Foto: Dok. KCD Wilayah IV).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Guna mencegah penyalahgunaan blangko ijazah ditengah masyarakat, Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah IV, Dinas Pendidikan Jawa Barat musnahkan sebanyak 1.061 lembar blangko ijazah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kepala KCD Wilayah IV, Dinas Pendidikan Jawa Barat, H.Ai Nurhasan menyebut, pemusnahan ribuan blangko ijazah SMK itu sebagai upaya pihaknya untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan blangko ijazah.

Baca Juga:  Jelang Hari Jadi Polwan, Polisi Cantik di Purwakarta Gelar Donor Darah

“Ada 1.061 eksemplar blangko ijazah tahun ajaran 2021/2022 dari tiga wilayah yakin Purwakarta, Subang dan Karawang yang kita musnahkan, pada Selasa, 7 Februari 2023, kemarin. Ini upaya kita untuk mencegah kejahatan terhadap penyalahgunaan blangko ijazah tersebut,” ucap Ai Nurhasan, pada Rabu, 8 Februari 2023.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Tegaskan Tidak Boleh Ada Perundungan di Sekolah!

Dijelaskannya, ribuan blangko ijazah yang dimusnahkan dengan cara dibakar itu merupakan blangko ijazah berlebih.

“Pemusnahan dilaksanakan setelah 6 bulan terhitung sejak jadwal pengisian ijazah yang merupakan bagian dari kegiatan ujian nasional setiap tahunnya. Dan ini merupakan agenda rutin dinas pendidikan itu setiap tahunnya,” ucap Ai Nurhasan.

Baca Juga:  Asik Main Jeckpot, Lansia Di Sergai Diringkus Polisi