Cegah PMK, Dandim 0619 Purwakarta Lakukan Monitoring ke Pasar Hewan

Dandim 0619/Purwakart, Letkol Arm Andi Achmad Afandi saat lakukan monitoring di Pasar Ingon-ingon Purwakarta. (Foto: Gin/JabarNews).

JABARNEWS | PURWAKARTA – Guna memastikan hewan agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku (PMK), Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arm Andi Achmad Afandi bersama Dinas Peternakan dan BPBD Kabupaten Purwakarta lakukan monitoring ke Pasar Hewan Purwakarta.

Bertempat di pasar Pasar Ingon-ingon Ciwareng, kampung Mulyasari Desa Ciwareng, Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta itu sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit PMK yang sekarang sedang menjangkiti hewan di Indonesia.

Baca Juga:  Walikota Depok: Wacana IMB Bakal Dihapuskan Perlu Dikaji Ulang

Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengatakan tugas Kodim membantu Pemda dan saat ini melihat langsung, bagaimana pelaksanaan vaksinasi terhadap hewan yang saat ini dihadapkan dengan penyakit mulut dan kuku (PMK) khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:  Remaja Asal Bandung Barat Diringkus Polisi di Purwakarta Usai Lakukan Pencurian

“Selanajutnya kita melaksanakan koordinasi dengan dinas terkait yaitu Dinas Peternakan, Kabid Kesehatan Hewan, Kabid Peternakan dan Kepala BPBD Purwakarta,” ucap Andi, sapaan akrab Dandim, pada Selasa, 25 Oktober 2022.

Baca Juga:  Seorang Pengendara Motor Tewas Jadi Korban Tabrak Lari di Purwakarta

Hal ini, kata Andi, sebagai bentuk antisipasi penyebaran penyakit PMK. Dengan tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan melakukan pemantauan secara bersama akan meminimalisir penyebaran penyakit PMK terhadap hewan.