Dinkes Cianjur Mulai Waspadai Penyakit Gangguan Ginjal Akut yang Menyerang Anak

Ilustrasi Penyakit Gangguan Ginjal Akut. (Foto: iStockphoto).

JABARNEWS | CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Cianjur mulai meningkatkan kewaspadaan terkait kasus gangguan ginjal akut yang menyerang anak-anak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Cianjur dr Frida Laila Yahya mengatakan bahwa pihaknya meminta pusat layanan kesehatan melakukan pengecekan serta segera melaporkan ketika menemukan anak yang menunjukkan gejala gangguan ginjal akut.

Baca Juga:  Panwaslu Cikadu Cianjur Gencar Lakukan Pengawasan Kampanye

Dia menyebutkan, pihaknya mencatat dari tiga orang anak asal Cianjur yang dilaporkan menderita gangguan ginjal akut dari Dinkes Provinsi Jabar, hanya satu orang yang bergejala atau suspek.

Baca Juga:  Warga Kampung Depok Berharap Pendirian SMA/SMK Negeri Baru, Ini Alasannya

“Mereka yang mengalami gejala gangguan ginjal akut sering mengeluhkan susah buang air kecil, sesak nafas hingga demam tinggi. Ketiga anak tersebut sempat menjalani perawatan di rumah sakit, dua orang diantaranya di RSHS Bandung dan satu di Cianjur,” kata Frida di Cianjur, Rabu (19/10/2022).

Baca Juga:  Nyamar Jadi Pemulung, Pencuri Gasak Laptop dan HP di Pondok Pesantren As Sunnah Cirebon

Pihaknya meminta seluruh layanan kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit untuk melaporkan setiap anak yang diduga mengalami gangguan ginjal akut untuk segera diberikan penanganan cepat, sehingga pihaknya dapat memastikan apakah gangguan ginjal akut atau bukan.