IPDN Komitmen Bantu Pemerintah Daerah dalam Berinovasi, Ini Salah Satunya

IPDN
Pelaksanaan PL IV bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang. (Foto: Istimewa).

Setiap tahunnya, lanjut dia, IPDN memberikan tema yang berbeda untuk kegiatan praktik lapangan, tahun ini tema yang diangkat ialah ‘Melalui Praktik Lapangan IV, Kita Tingkatkan Kompetensi Praja Dalam praktik Inovasi Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Digital Service’.

Tema inilah yang nantinya akan dijabarkan oleh praja utama dalam setiap kegiatan dan inovasi yang diciptakan di daerah tempat mereka melakukan praktik lapangan.

Baca Juga:  Berikut Hasil Rekam Jejak Peserta Seleksi Calon Pejabat Eselon II Pemkab Purwakarta, Ini Peringkatnya

Menurut Hadi, beberapa inovasi yang diciptakan oleh praja IPDN diantaranya inovasi terkait peningkatan SDM di pedesaan, penjaringan suara partisipasi dari masyarakat melalui akun sosial media OPD, implementasi Computer Security Insident Response Team, pembuatan website daerah, pembentukan aplikasi public service center dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Cekcok di Warung Tuak, Seorang Pria di karo Kena Tikam, Pelaku Berhasil Ditangkap dari Persembunyian

“Dengan adanya praktik lapangan ini, saya harap skill dan kompetensi praja dapat terasah dengan baik karena langsung dihadapkan dengan permasalahan nyata di lapangan, sehingga kemampuan komunikasi dan koordinasinya pun terasah,” bebernya.

Baca Juga:  Hari Jadi Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain Sampaikan Harapan Ini

Hadi juga mengingatkan praja bahwa pemerintahan saat ini mulai bergeser kearah pemerintahan digital, jadi diharapkan praja mampu bersaing dan mampu menyesuaikan diri terhadap dinamika pemerintahan sekarang.