Kades Se-Kabupaten Purwakarta Ikuti Seminar Peningkatan Pengelolaan Anggaran Desa

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Bertempat di Balai Kahuripan Kecamatan Wanayasa, Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Purwakarta hari ini menggelar kegiatan Seminar Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Dalam Pengelolaan Anggaran Desa.

Salah satu pembahasan dalam seminar tersebut yaitu bagaimana cara Kepala Desa (Kades) pengelolaan Dana Desa yang tepat sasaran dan sesuai dengan aturan yang ada.

“Ini untuk meningkatkan profesionalisme Kades dalam pengelolaan Dana Desa dan sebagai bentuk kesepahaman antar sesama Kades,” kata Ketua APDESI Kabupaten Purwakarta, Anwar Sadat dalam sambutannya, Rabu (12/07/2017).

Baca Juga:  Pengamat Nilai RUU Minol Diperlukan Untuk Tekan Angka Kriminalitas

Kepada seluruh Kades di Kabupaten Purwakarta, Anwar meminta untuk mengelola Dana Desa harus sesuai kebutuhan disamping itu juga harus sesuai dengan koridor-koridor yang ditetapkan oleh Undang-Undang yang berlaku.

Jangan sampai dengan besarnya anggaran yang dimiliki justru mendorong aparatur maupun perangkat desa untuk melakukan tindakan-tindakan penyelewengan.

Baca Juga:  P2T2 Laporkan Dugaan Klaim Tanah Eks HGU di Cibinong ke Kejari Cianjur

“Anggaran Dana Desa di setiap Desa yang ada cukup besar, namun yang perlu dipahami bersama ialah penggunaannya harus tepat sasaran, tepat mutu, dan berkualitas terhadap keberlangsungan masyarakat,” tuturnya.

Anwar juga menegaskan, para Kades harus terus melakukan koordinasi dengan dinas dan lembaga terkait tentang aturan maupun mekanisme yang belum begitu dipahami agar tidak menimbulkan adanya penyimpangan dan harus berhadapan dengan hukum.

“Jalin komunikasi yang intens kepada para pendamping desa masing-masing karena para pendamping adalah mitra kita yang sudah dibentuk oleh pemerintah pusat untuk membantu dalam pengelolaan anggaran desa,” ungkap Anwar.

Baca Juga:  DPRD Dukung KPK untuk Cegah Korupsi di Kota Bandung

Sebagai penutup, Anwar mengajak seluruh Kades di Purwakarta untuk membuktikan bahwa Kades adalah orang yang cerdas dalam mengelola Dana Desa dan selagi benar apa yang dikerjakan serta sesuai aturan, jangan takut sedikipun. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat