Kebakaran Lahan di Purwakarta, Berawal dari Bakar Sampah

Babinsa Desa Citalang, Serka Mamat saat membantu petugas pemadam kebakaran padamkan api. (Foto: dok Kodim 0619/Purwakarta)

“Kebakarab tersebut merupakan akibat dari kelalaian lantaran sembarang membakar sampah. Tak hanya mengakibatkan kebakaran, bahaya membakar sampah sembarangan juga mengancan kesehatan manusia, dari mulai penyakit pernapasan dan gangguan penyakit lainnya bisa muncul akibat terkontainasi asap pembakaran sampah,” ujar Amarudin.

Berutang, kata dia, tidak ada korban jiwa dan materi dalam kejadian tersebut. Namun, masyarakat selalu diigatkan agar meningkatkan kewaspadaan dalam musim kemarau seperti ini.

“Kami berharap warga berhati-hati dan waspada, Kebakaran itu disebabkan karena tiga hal putung rokok yang dibuang sembarangan, pembakaran sampah warga, dan gesekan ilalang yang mengering,” jelasnya.

Amarudin menyebut, pasalnya potensi kebakaran masih bisa terjadi mengingat saat ini masih musim kemarau.

Ia mengimbau agar masyarakat tak membuang dan membakar sampah sembarangan.

“Jika sampah sudah di tempat pembuangan tak usah dibakar, biarkan diangkut oleh truk pengangkut sampah. Kita antisipasi terjadinya kebakaran akibat hal serupa,” ucap Kapten Arm Amarudin. (Gin)