Kodim 0619 Purwakarta Siap Kawal Penertiban KJA Danau Jatiluhur

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kodim 0619 Purwakarta siap mengawal situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam penertiban keramba jaring apung (KJA) Danau Jatiluhur Purwakarta.

“Situasi kamtibmas harus tetap kondusif, selama proses penertiban KJA Danau Jatiluhur,” kata Komandan Kodim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho, saat dihubungi melalui selulernya, Rabu (17/10/2018).

“Situasi lapangan harus tetap kondusif. Muncul kekhawatiran yang dihembuskan terkait mata pencaharian pengganti KJA ini. Padahal, seperti tadi disampaikan itu sudah dipikirkan secara sistematis. Kami pastikan tidak ada pihak yang dirugikan,” tambah Yogi.

Baca Juga:  Sempat Digunakan saat Lebaran, Ridwan Kamil Belum Bisa Pastikan Tol Cisumdawu Kapan Beroperasi

Menurut Yogi, hasil riset lembaga independen terhadap kualitas air Danau Jatiluhur harus segera dipublikasikan. Langkah ini, kata dia, menjadi penting untuk menghindari klaim pihak yang tidak bertanggung jawab atas penilaian subjektif mereka sendiri.

Baca Juga:  Nekat! Perempuan Asal Karawang Ini Jadi Pengedar Sabu, Awalnya Gegara Buka Layanan VCS

“Risetnya harus disosialisasikan agar tidak ada anggapan macam-macam. Jangan sampai ada pihak dengan kepentingan tertentu masuk ke dalam wilayah kerja ini. Hasil riset itu kan menjadi pembelajaran juga bagi masyarakat kita,” ujarnya.

Yogi berpandangan, program pengganti KJA harus segera diluncurkan oleh pihak PJT II. Sehingga, tidak terjadi kekosongan mata pencaharian bagi para petani KJA di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Ketua FKDS Ajak Penyintas Covid-19 di Depok Donorkan Plasma Konvalesen

“Ini saran saja, program pengganti harus diluncurkan segera. Kalau kita tekan terus, otomatis saat selesai, ada semacam jeda atau kekosongan ekonomi. Idealnya, proses tetap kita jalankan, saat selesai programnya sudah berjalan juga. Sehingga, gak ada lagi yang bertanya saya mau makan apa kalau KJA ditertibkan,” paparnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat