Ngeri! Sepanjang Tahun 2021, Aceh Diguncang Gempa Bumi Sebanyak 1059 Kali

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Dodi/JabarNews).

Berdasarkan kedalaman, gempa bumi yang terjadi di wilayah Aceh didominasi dengan gempa bumi dangkal di kedalaman 60 km sebanyak 958 kali. Kejadian gempa bumi dengan kedalaman menengah di kedalaman antara 60 sampai 300 km sebanyak 100 dan 1 gempabumi dalam dengan kedalaman diatas 300 km.

Baca Juga:  Ratusan Warga Serbu Disnaker Ciamis Bikin Kartu AK1, Ini Penyebabnya

“Terdapat 29 gempabumi dirasakan masyarakat sepanjang tahun 2021, dimana skala dampak dirasakan terbesar mencapai IV MMI di Banda Aceh & Aceh Besar yang terjadi pada kejadian gempa bumi tanggal 17 April 2021 dengan kekuatan magnitudo 5.5,” terang dia.

Baca Juga:  Gempa Garut Akibat Aktivitas Sesar Garsela, BPBD Langsung Lakukan Ini

Andi menambahkan, dari peta seismisitas wilayah Aceh pada tahun 2021 terlihat bahwa wilayah segmen patahan Aceh yang terletak membentang dari Barat Laut Banda Aceh hingga Aceh Barat bagian Timur merupakan wilayah dengan tingkat keaktifan gempa bumi (seismisitas) tinggi.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Korban Gempa Cianjur Mayoritas Anak-anak

“Dengan keaktifan gempabumi di wilayah Aceh yang tinggi, kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, bersikap tenang, tidak panik dan tidak terpancing oleh informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” bilangnya. (Mad)