Pasis Dikreg LV Seskoad Kunjungi Kodim 0619 Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 16 Perwira Siswa (Pasis) sebagai perwakilan Pasis yang saat ini mengikuti Pendidikan Reguler LV Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) mengunjungi Markas Kodim 0619 Purwakarta, pada Sabtu 29 April 2017.

Kedatangan Pasis tersebut guna melakukan Praktek Uji Validitas Instrumen Penelitian dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan Dalam Negeri (KKLDN) Studi Wilhan Pasis Dikreg LV Seskoad T.A 2017.

“Kedatang para Pasis ini untuk melakukan penelitian terkait penanganan bencana alam di wilayah,” kata Kepala Departemen Teritorial Seskoad Kolonel Inf Handoko, saat ditemui awak media, Sabtu (29/04/2017).

Handoko menambahkan, penelitian yang dilakukan terkait sinergitas antara TNI AD dengan Pemerintah Daerah (Pemda) serta instansi terkait lainnya dalam melakukan penanganan bencana alam.

“Penelitian ini nantinya sebagai bahan para Pasis dalam melakukan KKLDN yang sebentar lagi akan mereka ikuti diberbagai wilayah yang ada di Indonesia,” tambah Handoko.

Baca Juga:  Satu Orang Tewas Dalam Tawuran Antar Pelajar di Karawang

Handoko mengungkapkan, dipilihnya Kabupaten Purwakarta sebagai salah satu wilayah penelitian para Pasis karena beberapa hal, diantaranya Kabupaten Purwakarta memiliki beberapa wilayah yang harus dijaga sedemikian rupa karena jika di wilayah tersebut terjadi masalah maka akan timbul dampak bencana alam yang cukup besar.

Adapun wilayah tersebut seperti adanya Kawasan Industri bertaraf Internasional serta Waduk Jatiluhur yang notabennya sebagai salah satu objek vital nasional.

“Selain itu, sinergitas penanganan bencana alam disini cukup bagus dan itu bisa dijadikan contoh serta masukan bagi daerah lain yang akan dipresentasikan para Pasis nantinya,” ungkap Handoko.

Dengan adanya kegiatan ini, Handoko berharap sinergitas antara TNI AD dengan Pemda serta Instansi terkait lainnya bisa terus terwujud dalam melakukan penanganan bencana alam.

Baca Juga:  COD di Tempat Pemakaman Umum Tengah Malam, Seorang Pria Diamankan Polisi

“Khusus di Purwakarta sinergitas antara Kodim 0619 Purwakarta dengan Pemda Purwakarta dan instansi terkait lainnya bisa terus ditingkatkan,” harapnya.

Dandim 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana saat mendampingi Perwakilan Pasis Dikreg LV Seskoad T.A 2017 mengunjungi tenda Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Sabtu (29/04/2017). (Foto: Red)

Sementara itu, salah satu Pasis Dikreg LV Seskoad T.A 2017 yaitu Mayor Danang Agus menuturkan, apa yang Ia dan para Pasis lainnya dapatkan dalam penelitian ini merupakan suatu pembelajaran yang sangat baik dan dalam waktu dekat mereka para Pasisi akan uji langsung di lapangan terkait penelitian ini yaitu perihal penanganan bencana alam.

“Menurut kami para Pasis, sinergitas antara Kodim 0619 Purwakarta dengan Pemda Purwakarta serta instansi terkait sudah terjalin begitu baik dalam melakukan upaya penanganan bencana alam,” tuturnya singkat.

Baca Juga:  Jelang Ramadan, DPRD Jabar Minta Pemerintah Daerah Jaga Stok Kebutuhan Pokok

Ditempat yang sama, Komandan Kodim (Dandim) 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana menjelaskan, kendati di Kabupaten Purwakarta belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) namun sinergitas antara Kodim 0619 Purwakarta dengan Pemda Purwakarta dan instansi lainnya sudah terjalin sangat baik terkait upaya penanggulangan bencana alam.

Tidak hanya itu, sinergitas yang terjalin tidak hanya dalam upaya penanganan bencana alam tetapi dalam berbagai bidang, baik itu pengamanan wilayah, pembangunan dan hal lainnya.

“Kita bersama Pemkab Purwakarta dan Instansi terkait selalu melakukan koordinasi perihal berbagai kegiatan sehingga sinergitas sudah terjalin cukup baik,” jelas Ari. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat