Meriahnya Mapag Sri Di Sidamukti Majalengka, Usung Budaya Lokal

JABARNEWS | MAJALENGKA – Masyarakat Desa Sidamukti, Kecamatan/Kabupaten Majalengka, merayakan Mapag Sri pada Minggu (24/2/2019). Dalam perhelatan yang juga biasa disebut Babarit itu ditampilkan pesta seni budaya, karnaval budaya, trabas, serta pameran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Camat Majalengka, Hendra Krisniawan, mengatakan, desa yang melaksanakan perayaan Mapag Sri dapat melestarikan nilai budaya lokal dan kearifan tradisional. Selain itu partisipasi masyarakat dalam hal pembangunan juga terlihat kompak.

Baca Juga:  Ternyata Menguap Memiliki Manfaat Baik Bagi Kesehatan Otak

“Dengan adanya kegiatan Mapag Sri di Sidamukti ini, nilai-nilai kelestarian budaya lokal bisa terangkat. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan juga terlihat jelas,” ungkapnya, Senin (25/2/2019).

Baca Juga:  Berlangsung Setiap Tahun, Pemkab Purwakarta Antar Jemput Jemaah Haji Pakai Mobil Dinas

Sementara itu, Kepala Desa Sidamukti, Karwan, mengatakan, kemajuan dan kekompakan masyarakat Sidamukti merupakan nilai plus untuk terus memajukan pengembangan dan pembangunan Desa Sidamukti.

“Tidak hanya sekadar perayaan Mapag Sri‎, kegiatan tersebut juga menjaga silaturahmi kekompakan untuk terus bersama-sama memajukan desa,” ujarnya.

Baca Juga:  Jika Capaian Vaksinasi Belum Maksimal, Cianjur Terancam Kembali ke PPKM Level 3

Karwan menambahkan, pihaknya juga menampilkan berbagai kegiatan seperti pesta seni budaya, karnaval budaya, trabas dan pameran UMKM.

“Sehingga, karya dan hasil bumi di Sidamukti, semuanya dapat ditampilkan. Setiap blok menampilkan keunggulanya masing-masing,” ujarnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat