• Minggu, 28 November 2021

Ini Desa Dan Kecamatan Paling Rawan Peredaran Narkoba Di Sumedang

- Kamis, 28 Februari 2019 | 12:00 WIB
Gambar ilustrasi narkoba, (Foto: Titiknol.co.id).
Gambar ilustrasi narkoba, (Foto: Titiknol.co.id).

JABARNEWS | SUMEDANG - Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK)Sumedang, AKBP Kunto Prasetyo, mengatakan, Desa Cibeusi dan Kecamatan Jatinangor merupakan kawasan paling rawan peredaran narkoba di Kabupaten Sumedang.

"Untuk desanya paling rawan itu Desa Cibeusi, dan kecamatannya Jatinangor," ujar Kunto, di Sumedang, Rabu (27/2/2019), dikutip Kompas.com.

Kunto menyebutkan, Desa Cibeusi dan Kecamatan Jatinangor terindikasi paling rawan karena di wilayah ini banyak mahasiswa dan karyawan pabrik swasta yang rawan penyalahgunaan narkotika.

Berdasarkan data di BNNK Sumedang, dari 26 kecamatan se-Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kecamatan Jatinangor menduduki urutan pertama terindikasi paling rawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, ada tiga desa di Kabupaten Sumedang yang terindikasi masuk kategori rawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba yaitu Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor, Desa Tanjungsari Kecamatan Tanjungsari, dan Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara.

Kunto mengatakan, enam kecamatan paling rawan lainnya yaiu Tanjungsari, Cimanggung, Sumedang Selatan, Sumedang Utara, Pamulihan, dan Cimalaka.

"Tapi bukan berarti di desa dan kecamatan lainnya tidak ada, karena sebaran penyalahgunaannya hampir tersebar di seluruh desa dan kecamatan," tuturnya.

Kunto menuturkan, untuk desa dan kecamatan paling rawan ini, BNNK Sumedang memberikan perhatian khusus.

Dikatakannya, sebagai upaya meminimalisasi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) khususnya di wilayah rawan, BNNK Sumedang telah menyurati Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir agar membentuk Satgas Antinarkoba di tiap desa. Warga dinilai selama ini belum sadar bahwa ada ancaman narkoba di daerahnya.

"Satgas khusus itu nantinya dibentuk pemerintah kecamatan. Satgas nantinya menjadi jembatan bagi terbentuknya Desa Bersinar (Bersih Narkoba). Dan Alhamdulillah, dengan koordinasi yang baik Pemkab Sumedang sudah menginstruksikan tiap kecamatan untuk pembentukan satgas ini," ucapnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Editor: Dede Suherlan

Tags

Terkini

X