Peduli Bencana Kabut Asap, Areka Gelar Aksi Solidaritas

JABARNEWS | KARAWANG – Puluhan relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Karawang (Areka) turun ke jalan untuk aksi peduli bencana kabut asap untuk Sumatera dan Kalimantan, Minggu (22/09/2019).

Seperti diketahui, bencana kabut asap Karhutla yang sudah lebih dari sepekan sampai saat ini masih berlangsung di Sumatra dan kalimantan ternyata belum sepenuhnya teratasi. Parahnya menyebabkan kegiatan belajar di sekolah diundur hingga dihentikan, sehingga berakibat pada kegiatan belajar mengajar terganggu karena kabut asap karhutla yang semakin parah dengan kondisi kualitas udara mencapai level bahaya.

Baca Juga:  KPU Majalengka Bakal Rekrut 28.475 Anggota KPPS

Menurut ketua Areka Elyasa Budiyanto, aksi ini merupakan sensitivitas dan solidaritas untuk para korban bencana asap dan Areka juga mengusulkan kepada pemerintah agar bencana asap tersebut menjadi bencana nasional.

Baca Juga:  Kaukus Perempuan Parlemen Harus Berkontribusi Lebih Untuk DPRD Jabar

“Kami minta kepada pemerintah pusat untuk menjadikan bencana asap ini bencana nasional, sehingga ada aksi-aksi nyata dari pemerintah pusat untuk menangani kabut asap ini,” kata Elyasa yang dilansir dari prasasti jabar.

Elyasa mengatakan, Areka juga akan memprakarsai untuk menemui Bupati Karawang agar Pemda Karawang bisa mengajak lapisan masyarakat dan ASN utk memberikan sumbangsih dana membantu bencana asap di daerah tersebut.

Baca Juga:  Netty Heryawan Ajak Masyarakat Kurangi Polusi Cahaya

“Sumbangan yang diberikan sebagai wujud nyata kepedulian kepada korban bencana kabut asap,” jelasnya.

Pesan ini juga sebagai dorongan kepada pemeritah daerah, pemerintah pusat dan seluruh elemen yang berkewajiban menanggulangi rapat segera mengambil tindakan dalam mengatasi kabut asap. (Red)