Pemkab Purwakarta Akan Kucurkan Dana Ratusan Juta Antisipasi Bencana

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengalokasikan dana tanggap darurat bencana alam selama setahun dengan menyiapkan anggaran ratusan juta rupiah bersumber dari APBD setempat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya telah menyiapkan anggaran khusus bencana alam. Besarannya mencapai Rp.500 juta. Dengan anggaran tersebut, pihaknya telah menggunakan sekitar Rp.200 juta untuk penanganan dampak kekeringan pada musim kemarau.

Baca Juga:  Polisi Buru Pelaku Teror Pelemparan Sperma di Tasikmalaya

“Anggaran sekitar Rp.200 juta sudah dimanfaatkan saat bencana kekeringan dan krisis air bersih,” kata Ambu Anne demikian sapaan akrabnya Senin (11/11/2019).

Sisa anggaran penanganan bencana alam itu bisa untuk penanganan bencana alam saat musim hujan sebab saat musim hujan sejumlah daerah di Purwakarta rawan bencana alam.

Baca Juga:  Kota Bandung Prioritaskan Vaksin Penguat Lansia, Jika Dosis Sudah Tersedia

“Sesuai dengan pemetaan di dinas terkait, ada tiga bencana alam yang berpotensi terjadi di Purwakarta, di antaranya pergerakan tanah dan tanah longsor, angin ribut, dan banjir,” jelasnya.

Atas hal tersebut, pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat mengantisipasi dampak bencana alam agar bisa diminimalisasi.

Baca Juga:  Luka Parah, Yuki Pas Band Dirujuk Ke RS Halmahera Bandung

Anne menyampaikan untuk daerah yang dianggap rawan longsor di daerah-daerah perbukitan, seperti Kecamatan Bojong, Darangdan, Wanayasa, dan Pondoksalam. Selain itu, daerah rawan puting beliung, di antaranya wilayah perkotaan dan Kecamatan Bungursari. (Ara)