Dandim 0619 Purwakarta Siagakan Waspada Bencana

JABARNEWS | PURWAKARTA – Komando Distrik Militer (Dandim) 0619 Purwakarta meminta di musim penghujan agar Babinsa terus siaga memantau dan melaporkan setiap perkembangan di wilayah binaannya, apalagi daerah yang rawan bencana.

Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho, menghimbau semua Babinsa terus bekerja sama dengan aparat Desa, babinkamtibmas serta elemen masyarakat. saat hujan deras dan terjadi tanah longsor, banjir atau kejadian lainnya agar ditidak penanganan cepat dan tepat sesuai kejadian dilapangan.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Pelaku Utama Geng Motor yang Lakukan Pengeroyokan di Buana Indah Purwakarta

“Kususnya diwilayah-wilayah yang rawan terjadi tanah longsor dan banjir sesuai peta situasi di Koramil masing-masing agar diantisipasi karena bisa saja terjadi pada puncak musim hujan di bulan Desember ini,” kata Yogi Kamis (5/12/2019).

Selain itu, lanjut dia, agar para Babinsa terus mengingatkan warga binaannya terutama yang rumahnya dibangun di bagian lereng diminta supaya lebih berhati-hati, karena dikhawatirkan hujan deras menyebabkan longsor dan banjir.

Baca Juga:  Pengakuan Danu, Tersangka Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

“Tak hanya mengingatkan masyarakat yang yang berada di daerah potensi bencana longsor, saya juga perintahkan para Babinsa yang berada di lokasi yang berpotensi bencana, untuk melakukan pengumpulan data lokasi yang rawan berdampak bencana tanah longsor dan banjir,” ujar Yogi.

Baca Juga:  Warga Cisambleng Antusias Ikuti Pelayanan Kesehatan Gratis PZU

Ia menambahkan, ini merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya bahaya tanah longsor dan banjir.

“Para Babinsa lakukan Komsos secara aktif, mengingatkan bagi warga masyarakat waspadai cuaca ekstrem musim hujan pada bulan Desember. Lakukan tindakan cegah dini untuk menghindari korban yang besar,” pungkasnya. (Gin)