BPBD Sukabumi Asesmen Wilayah Terdampak Gempa Bumi

JABARNEWS | SUKABUMI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi masih melakukan asessment akibat gempa bumi yang mengguncang Sukabumi, Jawa Barat bermagnitudo 5,0 yang berpusat di 121 km tenggara.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan gempa bumi yang berlokasi di 8.05 LS,106.82 BT 121 km Tenggara Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman epicentrum gempa 10 km di bawah permukaan laut saat warga usai menyaksikan proses terjadinya gerhana matahari.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling kota Bandung Hari Ini 17 Maret 2022

“Kami belum mendapatkan informasi adanya kerusakan akibat guncangan gempa itu yang terjadi pada Kamis sekitar pukul 14.22 WIB tersebut,” kata di Sukabumi, Kamis (26/12/2019).

Tidak lama gempa bumi terjadi namun hanya sebagian kecil saja warga di Sukabumi yang merasakan getarannya dan itu pun durasinya tidak begitu lama tetapi, masyarakat tetap waspada khawatir terjadi gempa susulan yang kekuatannya lebih besar.

Baca Juga:  Kades Jatimekar Resmi Diberhentikan, DPMD Purwakarta: Segera Tunjuk Pj Kades

Tidak ada kepanikan di masyarakat hanya saja sebagian warga masih khawatir dengan adanya gempa susulan apalagi seperti diketahui pada 26 Desember 2019 ini tepat 15 tahun gempa bumi disertai tsunami yang meluluhlantahkan bumi Serambil Mekah, Aceh.

Baca Juga:  Zohri 'Ogah' Bahas Soal Bendera

“Kami mengimbau kepada warga agar tidak panik apalagi sampai percaya dengan informasi atau berita yang belum tentu kebenarannya tapi, masyarakat harus tetap waspada karena seperti diketahui wilayah Sukabumi merupakan daerah rawan gempa,” jelasnya.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). (Ara)