Kemenkes: Virus Corona Tak Menyebar Lewat Hewan

JABARNEWS | JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengatakan hingga kini tidak ada bukti virus corona masuk ke dalam kategori penyakit zoonotik atau dapat menular melalui hewan ke manusia.

“Sampai sekarang tidak terbukti bahwa corona itu adalah penyakit zoonotik. Artinya, bukan ditularkan dari hewan ke manusia,” kata Direktur Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, dilansir dari laman Tempo.co, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga:  Beberapa Aktivitas Yang Bisa Kalian Lakukan Di Tempat Wisata Stone Garden Bandung

Kejadian di Wuhan, Cina, katanya awalnya diduga hewan merupakan salah satu penyebab penyakit itu menular ke manusia. Namun, setelah dilakukan penelitian hal itu sama sekali tidak terbukti.

“Iya, tapi kemudian setelah penelitian lebih lanjut tidak menular melalui hewan,” ujarnya.

Tidak hanya di Wuhan, di Indonesia hingga kini juga tidak ada bukti bahwa penularan virus corona dapat terjadi melalui hewan tertentu ke manusia. Hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa penularan virus corona lebih kepada atau dari manusia ke manusia, bukan dari hewan seperti yang sempat heboh di Cina.

Baca Juga:  WHO Perkirakan Varian Delta Akan Segera Mendominasi di Indonesia

Lebih jauh ia menerangkan ada banyak penderita yang kemudian positif tetapi tidak ada riwayat kontak dengan hewan atau pun pergi ke pasar hewan Wuhan, Provinsi Hubei. Menurutnya, virus corona adalah jenis virus influenza biasa seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) atau Sindrom Pernapasan Akut Berat.

Baca Juga:  Agustus, Penerbangan Dari Bandara Kertajati Bertambah

“Bukan Mers-Cov, karena kalau Mers-Cov itu kan unta. Kalau SARS memang influenza yang kemudian menular dari manusia ke manusia,” katanya. (Red)