Antisipasi Corona, Tempat Perbelanjaan di Purwakarta Disterilisasi Disinfektan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sejumlah langkah dilakukan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, melalui Dinas Koprasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, di antaranya dengan menyemprotkan cairan desinfektan di tempat pusat perbelanjaan.

Menurut Kepala Diskoperindag Kabupaten Purwakarta, Hj.Karliati Djuanda melalui Kabid Perdagangan, Wita Gusrianita, sesuai surat edaran nomor 443.1/0257/Sekre.DKUPP tentang Percepatan Penanganan Covid-19 Di Kabupaten Purwakarta.

“Setiap toko modern, Swalayan, pasar dan mall selalu steril dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan di seluruh ruangan di tempat perbelanjaan,” ungkap Wita, Selasa (17/3/2020)

Ditambahkannya, penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan di seluruh area fasilitas yang berhubungan dengan pengunjung, seperti area tenant, eskalator, lift hingga toilet.

Selain itu, lanjut Wita, untuk karyawan yang ada di bagian pelayanan khusus kasir dan SPG, agar digunakan masker dan sesering mungkin menggunakan hand sanitizer.

“Setiap pengelola harus sediakan hand sanitizer di setiap kasir dan titik tertentu disertai dengan petunjuk cara pemakaian yang jelas dan tepat. Tak hanya itu, kami juga menghimbau pengelola toko untuk membuat tulisan doa agar dijauhkan dari penyakit berbahaya, baik itu berupa sepanduk ataupun standing banner dengan huruf yang jelas agar dapat dibaca konsumen dengan jelas pula,” imbuhnya.

Ditambahkan Wita, untuk setiap warga pasar dibawah koordinator UPTD pasar yang ada di kabupaten Purwakarta setiap harinya agar menjaga kebersihan lingkungan pasar.

“Untuk para kepala UPTD pasar yang ada di Kabupaten Purwakarta agar memperhatikan kelengkapan dan keamanan juru pungut retribusi untuk selalu menggunakan masker dan sarung tangan,” ucap Wita.

Ditambahkannya, hal ini bertujuan semata-mata membuat masyarakat merasa aman dan nyaman saat berkujung ke pusat perbelanjaan di kabupaten Purwakarta.

“Pada dasarnya kita tidak menggangu mobilisasi warga. Yang jelas tujuan kita adalah memastikan tidak ada warga suspect Covid-19. Mudah-mudahan saja tidak ada potensi sebaran itu di semua pusat perbelanjaan di Kabupaten Purwakarta,” imbuhnya.

Wita menambahkan, di pasar tradisional hari ini secara serentak menyemprotkan desinfektan dari bahan alami.

“Di pasar tradisional hari dilakukan penyemprotan desinfektan berbahan alami, yang di buat dari campuran takokak, sereh dan daun sirih,” ucapnya. (Gin)