Ingin Bikin Disinfektan Sendiri, Ini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Berbagai cara dilakukan untuk menjaga keluarga tercinta agar tidak tertular virus corona. Mulai dari meningkatkan imunitas, menjaga kebersihan diri, mengkonsumsi makanan sehat, hingga melakukan disinfeksi.

Disinfeksi itu sendiri adalah proses pengurangan jumlah mikroorganisme pada area yang terindikasi kontaminasi.

Namun sayangnya cairan disinfektan di pasaran kini sudah mulai langka dan harganya pun semakin mahal saja. Mau tak mau kita harus memutar otak untuk membuatnya sendiri.

Cairan disifektan bisa buat sendiri di rumah, lho. Mengutip dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, berikut ini adalah jenis-jenis disinfektan yang bisa dibuat dan digunakan di rumah.

1. Bleaching.

Bleaching atau pemutih pakaian yang sering dijual dipasaran bisa dijadikan cairan disinfektan sederhana di rumah. Itu karena pemutih ini mengandung natrium hipoklorit yang ampuh membasmi virus, bakteri dan juga jamur. Untuk membuatnya pun cukup mudah.

Caranya, encerkan dengan takaran 2 sendok makan pemutih pakaian dari merk apapun dengan 1 liter air. Tuangkan di wadah semprotan yang akan digunakan untuk disinfeksi dan siap dipakai.

2. Karbol.

Bila Anda menggunakan karbol untuk membersihkan kamar mandi, itu juga bisa dijadikan disinfektan di rumah, Moms. Untuk membuatnya, masukkan 2 sendok makan karbol dan 1 liter air ke dalam botol semprotan. Setelah itu kocok sebentar, dan siap digunakan.

3. Pembersih Lantai.

Anda bisa menggunakan pembersih lantai dari so klin pembersih lantai, sos, pembersih lantai, dan lain sebagainya. Cukup campurkan 1 tutup botol dengan 5 liter air. Ini bisa dijadikan cairan untuk membersihkan lantai atau membersihkan peralatan rumah tangga lainnya.

4. Cairan Alkohol 70 persen.

Untuk membuat disinfektan dari alkohol ini, cukup tuangkan cairan alkohol ke dalam botol semprotan dan tinggal disemprotkan ke permukaan benda yang ingin dibersihkan.

5. Hydrogen Peroxide.

Bagi Anda yang membeli hydrogen peroxide, tinggal encerkan sesuai takaran petunjuk penggunaan dalam kemasan.

Namun untuk membuat disinfektan di rumah, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Seperti:

– Larutan pemutih rumah tangga encer bisa digunakan, jika sesuai yang disarankan dan direkomendasikan. Ikuti instruksi pabrik untuk pemakaian yang tepat.

– Pastikan produk tidak melewati tanggal kadaluarsa.

– Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya.

– Selalu gunakan sarung tangan dan masker untuk melakukan disinfeksi di rumah. (Red)