• Minggu, 28 November 2021

Waspada! Gelombang Tinggi Perairan Selatan Jawa Bisa Capai 6 Meter

- Rabu, 27 Mei 2020 | 10:47 WIB
Peringatan gelombang tinggi yang terjadi di pantai selatan Jawa. (Foto: Net)
Peringatan gelombang tinggi yang terjadi di pantai selatan Jawa. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi yang terjadi hingga enam meter berpotensi terjadi di laut selatan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Berdasarkan rilis BMKG peringatan gelombang tinggi yang terjadi di perairan selatan Jawa Barat akan berlangsung sampai dengan 31 Mei 2020 dengan ketinggian gelombang 4.0 meter hingga 6.0 meter.

"Tinggi gelombang wilayah perairan selatan maupun Samudra Hindia selatan Yogyakarta hingga Jabar diprakirakan berkisar empat sampai enam meter atau sangat tinggi," katanya saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (27/5/2020).

Untuk itu, dirinya meminta masyarakat pesisir pantai untuk tetap waspada, juga kepada wisatawan lokal di pantai selatan diharapkan menunda aktivitasnya.

"Tinggi gelombang di wilayah perairan tersebut, dipengaruhi oleh pola sirkulasi di Samudra Hindia barat Sumatera serta pola angin di belahan bumi selatan yang bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan 3 sampai 20 knot," jelasnya.

BMKG sudah menyampaikan peringatan dini mengenai potensi gelombang tinggi di perairan selatan Yogyakarta hingga Jawa Barat maupun Samudra Hindia selatan Yogyakarta hingga Jawa Barat hingga 28 Mei 2020 kepada pemangku kepentingan terkait.

"Kami imbau warga yang bermukim di sepanjang pesisir selatan untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir rob karena selain gelombang tinggi sekarang juga sedang terjadi pasang yang tinggi," katanya.

Ia menambahkan, air pasang setinggi 2,1 meter di perairan selatan Cilacap pada Selasa (26/5) pukul 10.00 WIB telah mengakibatkan sejumlah tanggul pantai jebol.

Air pasang tinggi, menurut dia, diprakirakan masih berlangsung hingga Rabu (27/5) pukul 11.00 WIB dengan ketinggian sampai dua meter dan pasang maksimum berpeluang terjadi Kamis (28/5) pukul 12.00 WIB dengan tinggi air 1,9 meter. (Red)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X