Niat Gali Septictank, Warga Cileungsi Justru Temukan Benda Kuno

JABARNEWS | BOGOR – Warga Kampung Cigorowong, Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dihebohkan dengan penemuan benda-benda kuno. Penemuan ini baru diketahui saat melakukan penggalian septic tank di halaman salah seorang rumah warga.

Penemuan fosil itupun menjadi viral di media sosial baik itu Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Youtube, dan menjadi tontonan warga setempat, Kamis (28/5/2020). Bahkan, selain benda kuno, ada beberapa bongkahan yang diduga merupakan tulang belulang manusia yang sudah tak berbentuk.

Baca Juga:  66 Bangunan di Kawasan Tanah Abang Habis Dilahap Si Jago Merah

Informasi yang dihimpun, benda kuno tersebut pertama kali ditemukan oleh Ustadz Raffi Al-Muniri. Mulanya, ia bermaksud membuat septictank baru lantaran septictank lamanya penuh.

Singkat cerita, penggali septictank merasa ada yang janggal saat menggali di kedalaman 3,5 meter. Ada sisa-sisa kerangka tengkorak dan beberapa benda di sekelilingnya

Baca Juga:  Mengenal Jenis Kain Yang Bagus Untuk Kemeja

“Baru 3,5 meter ngegali kita nemuin kerangka tengkorak, abis itu ada besi yang nempel seperti di kaki, tangan dan pinggang. Di atas kepala juga ditancepin besi. Cincin di tulang jari dan tusuk konde di atas kepala. Tengkoraknya kepala aja, yang lain sudah nyampur,” kata Ustadz Raffi saat dihubungi, Kamis (28/5/2020).

Selain itu, ia juga menemukan empat keping koin dengan tulisan angka 1837 yang diduga merupakan peninggalan belanda. Koin tersebut memiliki motif berbeda, yakni bergambar raja mahkota dan singa.

Baca Juga:  Surat Penangguhan Penahanan Doni Salmanan Belum Diterima Bareskrim

Saat ini, benda-benda tersebut disimpan di rumahnya. Menurutnya, sampai saat ini warga yang menemukan barang-barang kuno itupun belum melaporkan penemuannya ke pihak Desa Cileungsi.

“Benda-bendanya ada di rumah saya. Rencananya di simpan dulu aja,” terangnya. (Red)