Sisir Tongkrongan di Purwakarta, Polres Lakukan Tes Urine Mendadak ke Warga

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tempat keramaian dan tempat berkerumun masyarakat di wilayah Kabupaten Purwakarta menjadi sasaran patroli berskala besar Polres Purwakarta bersama Subdenpom III/3-4 Purwakarta. Polisi menyambangi sekelompok warga yang nongkrong dan melakukan tes urine.

Kapolres Purwakarta, AKBP Indra Setiawan melalui Kasat Reserse Narkoba, AKP Heri Nurcahyo mengatakan upaya tersebut untuk mengantisipasi kerawanan narkotika dan upaya menekan tindakan kejahatan lain di wilayah Purwakarta.

“Sesuai perintah Kapolres, dan dalam rangka menjelang Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) serta menyambut Hari Bhayangkara ke-74, kami lakukan patroli berskala besar dengan menyasar tempat keramaian guna menekan angka tindak kriminal serta peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah Purwakarta,” ungkap Heri. Pada Selasa, (23/6/2020).

Baca Juga:  PWI Akan Bantu Sosialisasi DBON Kemempora

Patroli tersebut, sambung dia, akan terus dilakukan kepolisian dengan menggandeng semua prihak sebagai wujud komitmen dalam menciptakan rasa aman, nyaman dan kondusif wilayah Purwakarta.

“Kegiatan ini juga dilakukan untuk menciptakan situasi yang kondusif di wilayah Purwakarta, sehingga diharapkan tidak ada penyalahgunaan narkotika yang mana narkotika menjadi salah satu faktor yang menjadi cikal bakal seseorang melakukan tindak pidana lainnya,” papar Heri.

Baca Juga:  Anggota DPR RI Deding Ishak Minta Semua Pihak Bersinergi Tanggap Bencana

Heri menambahkan, tempat nongkrong seperti cafe dan tempat umum lainnya tersebut, berpotensi menjadi tempat terjadinya peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Oleh karna itu, pihaknya lakukan patroli dan lakukan cek urine kepada orang-orang ditempat tersebut.

Dalam patroli tersebut, lanjut Heri, dari puluhan orang yang dilakukan test urine tersebut, polisi mendapati satu orang yang dinyatakan positif dan langsung dilakukan pemeriksaan.

“Hasil dari pemeriksaan tes urine sebanyak 80 orang, 1 orang pengunjung terindikasi positif zat sejenis benzo, dan langsung kita lakukan pendalaman serta pemeriksaan kepada orang tersebut,” jelasnya.

Baca Juga:  Dua Pemain Dortmund Kena Denda Gegara Potong Rambut, Kok Bisa?

Selain itu, pihak kepolisian terus mengimbau dan mengingatkan masyarakat dalam menerapakan protokol kesehatan di era new normal ini, terutama ketika berada di tempat umum atau keramaian.

“Semoga dengan terus menerus kita laksanakan patroli dan juga tes urine ini akan dapan membuat suasana purwakarta yang aman, nyaman dan kondusif, serta meminimalisir penyalahgunaan narkoba di Purwakarta ini,” pungkasnya. (Gin)