Longsor Melanda Tasikmalaya, Jalan Desa Di Empat Kampung Ini Terisolir

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Bencana longsor melanda jalan penghubung di di Dusun Margasari, Desa Margalaksana l, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (07/06/200) sekitar pukul 05.00 pagi.

Dampak longsoran tersebut, Ada sekitar 1.200 warga di kampung Cilampeneng, Badama, Pasir Tengah, dan Bantarlimus terisolasi. Mereka tidak bisa melewati jalan desa guna melakukan aktivitasnya ke pasar, kantor desa maupun kantor kecamatan.

Baca Juga:  Lima Juta Pemakai Narkoba Ada Di Indonesia

Kepala Desa Margalaksana Kecamatan Salawu Asep Mamun Rahmat mengatakan longsoran sepanjang 30 meter dengan lebar 100 meter itu terjadi setelah wilayah Margalaksana diguyur hujan, Senin (6/7/2020) malam.

“Warga mendengar suara gemuruh disertasi guncangan. Setelah itu warga memeriksa situasi dan melihat jalan desa yang telah terputus longsor,” ujarnya.

Baca Juga:  Plt Bupati Subang Ajak Warga Budayakan Bersepeda

Ia menambahkan, kini warga di 4 kampung ini pun harus memutar jalan lebih jauh dan melewati jalan setapak guna menuju ke jalan utama Salawu.

Babinkamtibmas Desa Margalasksana Brigpol Yadi Tarica mengatakan, setelah kejadian, pihaknya dan polsek Salawu memasang garis polisi agar warga tidak mendekat.

Baca Juga:  Dandim 0619 Kunjungi Kapolres Purwakarta

Menurutnya, tanah di lokasi longsoran masih labih. Terlebih cuaca di sekitar lokasi longsoran mendung sejak pagi.

“Kami Imbau agar warga mengantisipasi cuaca sekarang curah hujan tinggi. Kami imbau masyarakat waspada dan antisipasi dan tidak mendekat lokasi longsoran,” ujar Yadi. (Red)