Ingin Mudik saat Hari Raya Idul Adha? Baca Ini

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan tak ada larangan bagi masyarakat yang hendak mudik saat Hari Raya Idul Adha pada akhir Juli mendatang.

Meski begitu Muhadjir mengatakan pemerintah akan mengawasi dengan ketat pelaksanaan mudik Idul Adha tahun ini, mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi.

Baca Juga:  Pasca Bertemu Presiden Joko Widodo Tagar Bubarkan MUI Ramai di Twitter

“Tidak ada larangan tetapi pasti akan kita awasi dengan ketat. Sementara belum ada,” kata Muhadjir di kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (9/7/2020).

Muhadjir mengatakan Korlantas Polri tetap akan melakukan pengaturan lalu lintas saat perayaan Idul Adha.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Mau Alihkan Anggaran Rp140 Miliar Buat Penanganan COVID-19

“Dari Kakorlantas sudah ikut. Sudah akan kita atur juga,” kata Muhadjir.

Berbeda dengan perayaan Idul Fitri, menurut Muhadjir, pada Hari Raya Idul Adha sebenarnya tak ada aktivitas mudik. Kegiatan mudik identik dengan Lebaran Idul Fitri.

“Yang mudik kan hanya berlaku untuk Lebaran Idul Fitri, tapi Idul Adha enggak ada mudik. Nanti akan kita koordinasikan dengan Kemenhub. Itu domainnya Kemenhub,” pungkas Muhadjir.

Baca Juga:  Puasa Syawal Bisa Jadi Solusi Adaptasi Pencernaan Lagi, Ini Penjelasanya

Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah diperkirakan jatuh pada 31 Juli 2020. Menjelang hari raya, Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang isbat. (Red)