Jari Pria Ini Harus Diamputasi usai Tertusuk Cangkang Udang

JABARNEWS | BANDUNG – Kadangkala hal kecil yang tak terduga bisa berakibat fatal bagi tubuh. Seperti yang dialami pria asal Singapura ini. Dia harus merelakan jari tangannya diamputasi setelah tanpa sengaja tertusuk ketika tengah membersihkan udang.

Dilansir dari World of Buzz, tusukan tersebut ternyata membuat jarinya terinfeksi oleh bakteri pemakan daging yang tumbuh pada tubuh udang, Vibrio Vulnificus.

Pada awalnya, pria tersebut tidak merasa ada yang salah dengan jarinya, karena sebelumnya dia juga telah beberapa kali tertusuk saat membersihkan udang.

Namun, ternyata tusukan kali ini beberda dan membuat jarinya menghitam pada hari berikutnya serta disusul dengan demam ringan. Ia kemudian langsung pergi ke klinik 24 jam di Toa Payoh dan langsung dirujuk untuk segera pergi ke rumah sakit.

Baca Juga:  Waduh, Kasus Covid-19 Di Indonesia Kembali Naik

Segera setelahnya, pria itu kemudian ke rumah sakit dan harus menjalani operasi pada malam yang sama dan dirawat di rumah sakit selama tujuh hari setelahnya, termasuk dua hari di unit perawatan intensif.

Beruntungnya pria itu langsung bergegas ke rumah sakit. Jika tidak, menurut dokter, ia bisa kehilangan seluruh lengannya atau bahkan mati ketika bakteri Vibrio vulnificus mencapai ketiaknya. Akibat insiden itu, korban kemudian meminta orang lain untuk berhati-hati saat membersihkan udang mentah atau makanan laut.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, UI Inisiasi Program Ember Cuci Tangan

Menurut Centers For Disease Control and Prevention, Vibrio vulnificus adalah sejenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi yang terdapat pada makanan laut mentah atau setengah matang. Infeksi ini juga dapat terjadi melalui luka terbuka jika luka bersentuhan dengan makanan laut mentah atau kurang matang, menetes atau dengan air asin.

“Satu spesies, Vibrio vulnificus, bahkan dapat menyebabkan infeksi luka yang mengancam jiwa. Banyak orang dengan infeksi Vibrio vulnificus memerlukan perawatan intensif atau amputasi anggota tubuh, dan sekitar satu dari lima orang dengan infeksi ini meninggal, kadang-kadang dalam satu atau dua hari menjadi sakit,” kata CDC.

Baca Juga:  Pemerintah Keluarkan Acuan Harga Bahan Pokok Untuk Stabilkan Harga

Beberapa infeksi Vibrio vulnificus menyebabkan necrotizing fasciitis, infeksi parah yang menyebabkan daging di sekitar luka terbuka mati. Beberapa laporan media menyebut jenis infeksi ini disebabkan bakteri pemakan daging, meskipun fecciitis nekrotikan dapat disebabkan oleh lebih dari satu jenis bakteri. (Red)