Sastrawan Ajip Rosidi, Suami dari Nani Wijaya Akan Dimakamkan di Magelang

JABARNEWS | MAGELANG – Sastrawan besar kelahiran Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Ajip Rosidi meniggal dunia pada Rabu (29/7/2020) malam di Magelang.

Jenazah sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi akan dimakamkan di makam keluarga yang berada di sebelah timur rumah duka di Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (30/07/2020).

“Akan dimakamkan sekitar pukul 11.00 WIB,” ujar, anak lelaki Ajip Rosidi, Titis Nitiswari,

Baca Juga:  Evakuasi Pesawat Lion Air JT-610, Seorang Penyelam Basarnas Meninggal

Suami dari Nani Wijayaini ini, meninggal dunia di usia 82 tahun, ia meninggalkan seorang istri, Nani Wijaya, serta enam anak, 11 cucu, dan empat cicit.

Sebelumnya ia menjalani operasi di RSUD Tidar Kota Magelang, akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Diketahui, Ajib Rosidi sangat menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda. Dirinya meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa, bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada sembilan tahun silam.

Baca Juga:  Segini Total Jemaah Haji Asal Indonesia yang Meninggal di Tanah Suci

Sebelum meninggal, dalam kurun waktu satu terakhir setidaknya almarhum telah dua kali pulang kampung, sekaligus singgah di Jatiwangi art Factory (JaF).

Kunjungan pertama Ajip ke Jaf pada satu tahun terakhir terjadi saat pembukaan Pameran Indonesia Contemporary Ceramic Biennale (ICCB) pada Oktober 2019 lalu. Dalam kesempatan itu, almarhum sempat melemparkan pujian kepada para seniman dari JaF.

Baca Juga:  Ditanya DPR Kapan Sekolah Dibuka, Ini Jawaban Nadiem

Selang tiga bulan kemudian, atau tepatnya Januari 2020, Ajip kembali pulang kampung, dan mengunjungi JaF. Bahkan, dalam kesempatan kedua kalinya itu, status Ajip bukan lagi sebagai ‘tamu’ melainkan ‘tuan rumah.’

Pasalnya, dalam kesempatan kedua itu Ajip kembali hadir di JaF dalam acara Penghargaan Rancage 2020, sebuah acara yayasan Rancage yang diinisiasinya. Dalam kesempatan itu, ada 7 orang yang mendapat penghargaan tersebut. (Red)