Viral Video Ritual Penghapusan Dosa, Ini Kata Camat Cikidang

JABARNEWS | SUKABUMI – Sebuah video yang dipercayai sebagai ritual penghapusan dosa beredar di grup-grup Whatsapp menghebohkan warga Sukabumi. Pasalnya, ada kabar yang mengatakan bahwa video tersebut dibuat di daerah Cikidang, Kabupaten Sukabumi karena adanya pohon sawit.

Dalam video tersebut, ada beberapa orang wanita yang dibimbing oleh seorang pria dan memvidiokan aksi mereka tersebet. Wanita yang dibimbing oleh pria itu menyelam ke dasar sungai yang dianggap melakukan ritual penghapusan dosa.

Baca Juga:  Pemerintah Akan Tanggung Kebutuhan Masyarakat Selama PSBB

Namun, hal tersebut dibantah oleh pemerintahan setempat, karena tidak pemerintahan setempat tidak mengenali lokasi dan orang-orang yang berada dalam video tersebut.

“Beberapa hari ke belakang tersiar adanya video yang menerangkan seolah-olah masyarakat kami ada kegiatan pemurtadan, setelah kami berkonsultasi dengan para tokoh masyarakat, tokoh alim ulama, termasuk beberapa kepala desa, bahwa video tersebut tidak benar atau hoax,” ujar Zatmika selaku Camat Cikidang, Rabu (5/8/2020).

Baca Juga:  Yuk Simak Cara Mudah Mengeluarkan Air yang Masuk Ke Telinga

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cikidang Deden Zaenal Mutaqin, yang mengatakan, vidio tersebut adalah hoaks. Karena menurutnya, dari jumlah 12 desa yang berada di Kecamatan Cikidang tidak ada indikasi pemurtadan.

“Sampai saat ini di Kecamatan Cikidang (yang terdiri) 12 desa tidak ada indikasi pemurtadan. Intinya sampai saat ini, Alhamdulillah di Kecamatan Cikidang tidak ada pemurtadan seperti yang di video itu,” tegasnya

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-17 Kalah Telak dari Malaysia!

Hingga tulisan ini dimuat belum diketahui pasti maksud yang terkadung dalam vidio tersebut, akan tetapi pemerintaha Cikidang mengimbau kepada warga untuk tidak langsung percaya terhadap informasi yang tidak jelas sumbernya. (Red)