Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Masyarakat Diminta Menjauh 3 Km dari Puncak

JABARNEWS | KARO – Gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara 2000 meter diatas puncak atau 4460 meter diatas permukaan laut, Rabu (19/8/2020) pagi.

Pos Pengamatan Gunung Sinabung Kabupaten Karo, Armen pada jabarnews.com, Rabu (19/8/2020) siang membenarkan gunung api Sinabung erupsi dengan kolom abu 2000 meter teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Baca Juga:  Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya Hari Ini Meningkat Signifikan

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi ± 39 menit 4 detik,” katanya.

Ia menjelaskan, gunung Sinabung berada pada status level 3 (siaga) meminta masyarakat atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta lokasi dalam radius 3 km dari puncak gunung Sinabung masuk dalam.zona merah.

Baca Juga:  Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Terlemah di Asia

“Masyarakat atau wisatawan jangan melakukan aktivitas di radius 3 km dari puncak gunung Sinabung dan sekitar zona merah.

Ia minta jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

Baca Juga:  Bogor, Jumlah Pasien Covid yang Sembuh Bertambah

“Jika hujan abu masyarakat agar menggunakan masker karena dapat membahayakan kesehatan,” bilangnya. (Ptr)