Dinas Pariwisata Harus Mendongkrak Ekonomi Kreatif, Ini Kata Wabup Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis melalui Wakil Bupati Ciamis meminta Dinas Pariwisata yang merupakan instansi yang membidangi pariwisata agar memperhatikan potensi Ekonomi Kreatif sehingga melalui pariwisata bisa berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Dinas Pariwisata harus lebih memperhatikan potensi ekraf (Ekonomi kreatif) di masyarakat,” kata Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra dalam kesempatannya saat membuka acara Expo Bambu di Bale Sawala Kampung KB Jaya Lewang, Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga:  Proyek Stadion Mahakam Depok Tak Sesuai Jadwal

Dukungan dari berbagai pihak juga sangat ia harapkan karena menurutnya suatu daerah akan berkembang ketika semua pihak saling mendukung untuk mengembangkan potensi yang ada di daerah.

Ia mencontohkan, masyarakat Dusun Kelewih mampu mengolah bambu menjadi berbagai macam alat kesenian. Serta, juga peralatan sehari-hari yang memiliki nilai ekonomi.

Baca Juga:  Jabar Bergerak Akan Salurkan 1.000 Paket Sembako

Visi dan misi Kabupaten Ciamis juga kata Yana, bisa teramalkan dengan diselenggarakannya acara Expo Bambu di Dusun Kelewih.

Dengan kegiatan tersebut menurutnya bisa memantapkan kemandirian ekonomi khususnya di Dusun Kelewih dan umumnya untuk masyarakat Kabupaten Ciamis.

“Mantapnya Kemandirian Ekonomi, Sejahtera Untuk Semua,” pungkas Yana dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Camat Baregbeg Edy Yulianto mengaku kagum dengan gelaran acara tersebut yang dinamai Wewengkon Bale Sawala Kampung KB Jaya Lewang.

Baca Juga:  HUT Ke-43, Indocement Ajarkan Masyarakat Kreatif

Seni-seni yang di tampilkan dalam expo tersebut diantaranya, seni Awi, Rampak Waditra Awi, Kaulinan Urang Lembur, Jujungkungan, Gatrik, Awi Sodor, Kuliner Lembur, Karajinan, dan pagelaran wayang golek cepot nyantri.

“Expo Awi banyak potensi di wilayah ini dan mempunyai simbol 3 Awi untuk mengikat tetap bersatu,”ucap Wabup Ciamis Yana D Putera. (Red)