• Selasa, 19 Oktober 2021

Kasus Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah 53 Orang

- Rabu, 9 September 2020 | 20:30 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni. (Foto: Abdul Rohman/JabarNews)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni. (Foto: Abdul Rohman/JabarNews)

JABARNEWS | CIREBON - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon terus mengalami peningkatan. Hari ini kasusnya bertambah 53 orang, sehingga total kasus Covid-19 hari ini, Selasa (9/9/2020) menjadi 418 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni mengatakan penambahan 53 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut merupakan akumulasi hasil swab test beberapa waktu lalu, yang sudah keluar bentuk fisiknya.

"Jumlah itu hasil dari swab test pada bulan Agustus dan awal September yang baru keluar bentuk fisiknya hari ini," kata Enny saat menggelar konferensi press, Rabu (9/9/2020).

Menurut Enny, penambahan tersebut bukan dari hasil swab test massal dari 420 pegawai di lingkungan Setda Pemkab Cirebon. Namun dari laporan hasil yang sudah diberikan, ada 6 orang pegawai Setda Pemkab Cirebon yang terkonfirmasi covid-19. Namun Dinkes belum bisa merilis, karena bentuk fisiknya belum diterima.

"Untuk hasil di Setda, kami sudah dapat laporan ada enam pegawai yang positif. Tapi belum kami publish karena bentuk fisiknya belum kami terima," katanya.

Enny menjelaskan, pihaknya sudah melakukan test swab kepada 17.685 warga Kabupaten Cirebon. Angka tersebut, hampir mencapai 1 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Cirebon, yaitu sekitar 22 ribu jiwa.

"Dari 17.685 warga yang dilakukan test swab, yang terkonfirmasi positif sebanyak 418 orang, atau hanya 2 persen dari jumlah keseluruhan," jelasnya.

Pihaknya memang melakukan test swab secara masif, karena untuk kebaikan bersama dan demi melindungi masyarakat. Oleh karena itu, Enny meminta kepada masyarakat, untuk tidak takut jika ada pelaksanaan swab massal.

"Kami minta kepada masyarakat, untuk tidak takut jika ada pelaksanaan swab massal, itu bertujuan untuk mendeteksi kluster baru," katanya.

Dijelaskan Enny, Pemkab Cirebon siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Jika ada warga Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif, maka pihaknya akan memberikan pelayanan hingga sembuh.

"Jika sehat, dipersilahkan untuk beraktifitas seperti biasa, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kami juga minta kepada masyarakat, untuk senantiasa melihat angka kesembuhan pasien terkonfirmasi covid 19 yang terus meningkat," ucapnya. (Arn)

Editor: Muhammad Rizal

Tags

Terkini

X