Ini Imbauan BMKG untuk Para Nelayan di Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengimbau nelayan di pantai selatan Kabupaten Cianjur tidak melaut selama satu pekan ke depan karena diperkirakan gelombang tinggi mencapai 5 meter akan terjadi di sepanjang laut selatan Jawa Barat.

“Kecepatan angin tertinggi akan terjadi di sebagian besar laut selatan Jabar, sehingga mengakibatkan gelombang tinggi yang diperkirakan mencapai 5 meter. Tingginya gelombang dapat mengancam keselamatan nelayan yang memaksakan diri untuk melaut,” kata Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya, Senin (14/9/2020).

Baca Juga:  Begini Cara Bisnis Ayam Petelur Agar Hasil Berkualitas

Gelombang tertinggi akan melanda sebagian besar perairan Cianjur, Sukabumi, Garut dan Tasikmalaya, hingga tiga hari kedepan dan diperkirakan ketinggian gelombang akan terus meningkat seiring kecepatan anggin yang diperkirakan baru akan bekurang lima hari ke depan

Baca Juga:  Tiga Ciri Orang Malas Bekerja, Apakah Ada di Kantor Kalian?

“Gelombang akan kembali normal lima hari ke depan sehingga nelayan di pantai selatan diimbau untuk selalu waspada dan menyesuaikan waktu untuk melaut, jangan memaksakan diri ketika gelombang tinggi karena dapat mengancam keselamatan,” katanya.

Baca Juga:  Moeldoko: Agnez Mo Akan Dipertemukan Dengan Presiden

Ia menambahkan nelayan di pantai selatan sudah jeli membaca tanda alam akan terjadinya gelombang, sehingga dapat memilih waktu yang tepat untuk melaut agar tetap selamat dan menghindari bencana.

“Setidaknya untuk lima hari kedepan kami imbau untuk tidak dulu melaut,” katanya. (Ara)