• Sabtu, 23 Oktober 2021

Telur Ayam Ukuran Jumbo di Tasikmalaya Bikin Heboh, Ini Sebabnya

- Senin, 21 September 2020 | 08:30 WIB
Telur Ayam Jumbo di Tasikmalaya. (Foto: Net)
Telur Ayam Jumbo di Tasikmalaya. (Foto: Net)

JABARNEWS | TASIKMALAYA - Warga Kampung Kudang, Desa Banyuasih, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, dihebohkan dengan seekor ayam ras dari sebuah peternakan yang selama ini bertelur jumbo atau berukuran beberapa kali lipat dari telur normal.

Ade Yogi (37), pemilik peternakan ayam tersebut setiap harinya selalu didatangi warga lingkungannya yang penasaran dengan kejadian aneh dan ayamnya bertelur jumbo bukan hanya sekali tersebut.

"Awal kejadiannya sekitar dua bulan lalu, saat saya cek kandang ternyata ada salah satu ayam bertelur ukuran jumbo. Saya terkejut dan penasaran ada telur berukuran raksasa, lalu membawa telur itu ke rumah, sampai seisi rumah pun heboh," jelas Ade kepada wartawan, Minggu (20/9/2020).

Ade sempat menimbang telur besar itu dengan hasil mengejutkan dengan berat 180 gram, padahal berat rata-rata telur normal hanya 75 sampai 80 gram.

"Beratnya beberapa kali lipat dari ukuran telor biasanya. Saya belum tahu penyebabnya bisa begini. Padahal pakannya tidak ada yang khusus. Sama saja seperti pakan umumnya," tambah Ade.

Ade mengaku, kejadian ayam yang bertelur jumbo itu tak hanya terjadi sekali saja. Ayam itu awalnya bertelur biasa dua bulan lalu, namun ayam petelur itu ternyata rutin setiap dua sampai tiga hari sekali bertelur ukuran jumbo.

"Hampir tiap hari ayam itu berukuran jumbo. Sedangkan ribuan ayam lainnya yang di kandang saya ukuran telurnya normal semua," ujar Ade.

Selama ini, ciri-ciri satu ayam ras dari ribuan ayam di kandang sama miliknya salah satunya lebih berat jika dibandingkan ayam normal lainnya.

Namun, dirinya mengaku selama ini belum mengetahui proses satu ayamnya itu saat menelurkan telur jumbo.

"Pernah saya timbang, beratnya 2,1 kilogram, memang lebih berat jika dibanding ayam yang lain. Dari ukuran pun terlihat lebih besar. Tiap hari saya cek kandang, dan setiap dua atau tiga hari tahu-tahu sudah ada telur besar itu," ungkapnya.

Ade bersama istrinya pun penasaran dan memecahkan telur jumbo itu untuk mengetahui isinya. Ternyata di dalam telur berukuran jumbo itu terdapat telur lagi yang berukuran normal terbalut cairan putih telur dan merah telur.

"Ini sulit dipercaya. Tapi faktanya seperti itu. Jangankan anak dan istri terkejut, saya saja sampai melongo melihatnya. Saat dikupas sebagian, sudah terlihat isinya normal seperti telur biasa, lalu saya masak dan rasanya sama seperti telur normal, tidak ada yang beda," tambahnya. (Red)

Editor: Muhammad Rizal

Tags

Terkini

X