Lantik Lima Pengurus Cabang, PB Permata Tegaskan Peran Mahasiswa Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (Permata) sebagai bagian dari generasi muda Purwakarta sudah seharusnya memiliki kesadaran yang tinggi terhadap situasi dan kondisi masyarakat dan bangsanya.

Menurut, Kabid Kepemudaan pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq, dalam status yang disandangnya sebagai insan akademis sesuai tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maka mahasiswa semestinya ada di garda terdepan pembangunan daerah maupun nasional.

“Setidaknya mahasiswa harus ikut berperan aktif membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi tantangan zaman. Mahasiswa tidak sepantasnya bermanja ria, menunggu uluran tangan orang lain atau merasa bangga dengan statusnya,” Jelas Arif sapaan akrab Kabid Kepemudaan, saat ditemui disela-sela kegiatanya, Senin (21/9/2020).

Baca Juga:  Dikalahkan Timnas Indonesia, Palestina dapat Apresiasi Khusus: Begitu Banyak Penderitaan Mereka

Alih-alih demikian, sambung dia, dengan daya kritis dan analitisnya yang didapat dari pembelajaran di bangku kuliah, mahasiswa harus berani tampil menyampaikan masukan yang solutif demi kebaikan bersama.

“Dalam acar pelantikan Pengurus Permata Cabang Bandung, Jakarta, Cirebon, Karawang dan Purwakarta, Minggu, 20 September 2020 kemarin di Gedung Dakwah Purwakarta, Saya mengajak adik-adik Permata hadir memberikan masukan yang konstruktif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” papar Arif.

Dirinya juga berpesan, agar manfaatkan kemajuan teknologi digital saat ini untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dan ketahanan nasional.

“Jangan berpangku tangan menunggu waktu dengan kumpul-kumpul tak bermutu. Lakukan kerja-kerja kreatif, inovatif dan konkrit yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat,” ucap pria yang juga alumni Permata itu.

Baca Juga:  Pria Terkapar Dikira Corona, Petugas Sudah Pakai APD Ternyata Karena Ini

Arif berharap keberadaan Permata sebagai salahsatu wadah pembinaan generasi muda perlu segera melakukan evaluasi atas peran dan fungsinya selama ini.

“Secara sosiologis, Permata itu berasal dan lahir dari masyarakat Purwakarta, membawa nama Purwakarta di dalamnya. Dan, pemerintah daerah pun sudah berikan perhatian tersendiri dengan menyediakan sekretariat tetap bagi Permata. Karenanya, kami berharap Permata melakukan review atau evaluasi atas peran dan fungsinya selama ini. Jangan sampai masyarakat bertanya, quo vadis (mau kemana.Red) Permata ?. Buatlah perencanaan yang matang untuk 5, 10 dan 20 tahun ke depan,” ujar Kabid Kepemudaan.

Terpisah, Ketua Pengurus Besar Permata, Mochamad Ilga Sopian Maksum, menyampaikan bahwa Permata akan selalu hadir dan ikut serta memberikan sumbangsih bagi Purwakarta.

Baca Juga:  APPBI Jabar: 2000 Karyawan Pusat Belanja Kota Bandung Jalani Vaksinasi Covid-19

“Dalam momen pelantikan kemarin, kami ingin menegaskan kembali bahwa Permata akan berusaha memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat Purwakarta dalam semangat silaturahmi antar generasi muda maupun sesama mahasiswa sebagai agen perubahan, terutama pada sektor perekonomian sesuai kapasitas pribadi maupun organisasi,” ucap Ilga.

Diktahui, nama-nama ketua cabang Permata yang dilantik yakini, Mochamad Fazhri Syamsi sebagai Ketua Permata Cabang Bandung, Serin Tias Sidqi sebagai Ketua Permata Cabang DKI Jakarta, Rezaldy Mahendra Budiyana sebagai Ketua Cabang Purwakarta, Agam Nur Harimurti sebagai Ketua Cabang Karawang, dan Naufal Abdurrahman sebagai Ketua Permata Cabang Cirebon.

Dengan mengusung tema “Keberagaman untuk loyalitas, kebersamaan untuk solidaritas”. (Gin)