Hari Kesaktian Pancasila, Milenial di Purwakarta Harus Ingat Soal Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan tergantikan oleh paham apapun, maka dari itu Hari Kesaktian Pancasila ini ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan dihati seluruh rakyat Indonesia.

Menurut, Kabid Kepemudaan pada Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq, guna menghasilkan anak-anak muda yang bisa berguna, maka perlu mengamalkan apa yang tertuang dalam sila-sila Pancasila.

Pasalnya, lanjut dia, generasi muda Indonesia merupakan harapan suatu bangsa di masa mendatang.

Baca Juga:  Wah! Anies Baswedam Sudah Kantongi Nama Cawapres, Siapa? KPP Bilang Begini

“Hari Kesaktian Pancasila merupakan perjalanan sejarah Bangsa Indonesia yang berhasil mempertahankan Ideologinya. Ini harus tetap diingat sekaligus cermin bagi kita semua khususnya generasi muda dalam menapaki kehidupan berbangsa dan bernegara, agar sejarah kelam tidak berulang di masa mendatang,” ucap Arif, pada Kamis (1/10/2020).

Dijelaskanya, besarnya negara Indonesia, kuat negara Indonesia karena masyarakanya mengamalkan butir-butir yang ada pada Pancasila karena itulah Pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena dengan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terhadap diri kita, anak, keluarga dan saudara kita Insya Allah bangsa Indonesia akan tetap berdiri tegar dan Pancasila bisa membuktikan kesaktiannya,” ucap Arif.

Baca Juga:  Robert: Persib Sudah Tak Sabar Berlatih Sejak Bulan Lalu

Untuk generasi muda, Kabid Kepemudaan berpesan, agar tidak hanya hafal nilai-nilai yang ada pada Pancasila, namun juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pemuda itu harus diingat butir-butir Pancasila bukan untuk dihafalkan, tapi untuk diamalkan. Karena kita tidak akan tahu kata perkata butir itu, tapi kita akan bisa merasakan dan melakukannya karena semua butir dalam Pancasila adalah dasar dasar dari kehidupan, etika, sopan santun dan juga kedamaian suatu bernegara,,” papar Arif.

Baca Juga:  Kapolri Sigit Pastikan Tahun Baru Berjalan Aman dan Lancar

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Arif mengajak generasi muda, jadikan peringataan ini sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa.

“Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2020. Ayo kita bangkit dari segala keterpurukan. Jadilah generasi muda yang selalu tangguh untuk mengharumkan nama Indonesia. Semangat terus untuk membangun Indonesia menjadi lebih sejahtera dan makmur,” pungkasnya. (Gin)