Dedi Mulyadi Bebaskan Mak Ocah dari Jeratan Rentenir

JABARNEWS | PURWAKARTA – Saat menjalani kebiasaannya bersepeda, anggota DPR RI Dedi Mulyadi melihat seorang ibu, penjual bala-bala (bakwan) yang sedang duduk di pinggir jalan.

Saat dihampiri, bala-bala yang dibawa oleh ibu tersebut masih penuh karena belum banyak yang membelinya.

Mantan Bupati Purwakarta itu pun mengajaknya berbincang. Dari perbicangan itu diketahui ibu penjual bala-bala tersebut bernama Mak Ocah. Lalu terungkap, modal jualan Mak Ocah (70) itu hasil meminjam dari “Bank Minggu”, nama lain dari rentenir

Baca Juga:  Bareskrim Polri Periksa 14 Saksi Kasus Ponpes Al Zaytun, Begini Hasilnya

Modal usaha Mak Ocah ini Rp200 ribu, setiap minggu ia harus setor uang Rp45 ribu. Dan itu harus dilakukan sebanyak 10 kali. Ini artinya dari pinjam uang Rp200 ribu itu, Mak Ocah harus mengembalikan Rp450 ribu, ini artinya bunganya mencapai Rp250 ribu.

Dedi Mulyadi pun sampai geleng-geleng kepala mendengar bunga yang begitu besar. Namun Mak Ocah tak punya pilihan lain, selain terpaksa meminjam ke rentenir.

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, KBB Gelar Tes di Tempat Wisata

Dedi pun langsung memborong bala-bala yang masih tersisa. Lalu mengajak Mak Ocah untuk berbelanja bahan untuk membuat bala-bala. Mulai dari terigu, telur, minyak goreng, hingga bumbu-bumbunya lengkap diberikan.

Mak Ocah kemudian diantar pulang ke rumahnya. Dan di sini sudah menunggu suami Mak Ocah yang secara fisik sudah tak berdaya.

Baca Juga:  Tadi Malam, Formula E Jakarta Sukses, Nama Anies Baswedan Langsung Trending

Dalam kesempatan itu Dedi Mulyadi memberikan sejumlah uang untuk modal usaha Mak Ocah. Uang ini juga bisa langsung memutus mata rantai rentenir yang memberatkan Mak Ocah.

Video pertemuan antara Dedi Mulyadi dengan Mak Ocah ini kemudian diunggah ke akun media sosial dan channel youtube Kang Dedi Mulyadi dan mendapatkan respons positif dari para netizen. (Red)