• Rabu, 8 Desember 2021

Di Tengah Pandemi, Musisi Tetap Semangat Berkarya

- Sabtu, 3 Oktober 2020 | 12:53 WIB
Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

JABARNEWS | JAKARTA - Ingat pesan ibu, pakai maskermu cuci tangan pakai sabun jangan sampai tertular. Ingat selalu pesan ibu, hindari kerumunan jaga keluargamu

Begitulah lirik lagu yang dibawakan oleh Maulana Ardiansyah dan Idris Vanes dalam talkshow bersama BNPB di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (3/10/2020). Lirik lagu yang seolah menyindir kalangan masyarakat yang masih saja tak peduli dan mengabaikan protokol kesehatan yang sudah diterapkan pemerintah.

Penyanyi asal Pringsewu, Lampung yaitu Maulana Ardiansyah mengatakan pandemi tak membuatnya berhenti untuk berkarya. Meski saat kondisi pandemi saat ini sudah tidak bisa manggung sebagai ladang mencari nafkah, ia terus membuat karya-karyanya. Justru pandemi Covid-19 membuatnya lebih banyak menghabiskan waktu di studionya untuk produktif menghasilkan single atau cover musik terbukti ia sudah mengeluarkan 6 single selama pandemi ini.

Tak jauh berbeda, Idris Vanes sebagai gitaris juga banyak menghabiskan waktunya untuk mengaransemen dan membuat lagu di studio. Di samping untuk tetap produktif dengan menghasilkan karya, Maulana dan Idris juga tidak lupa untuk melakukan olahraga kecil seperti angkat beban atau stretching agar tubuh tetap bugar. Terkadang seminggu sekali mereka juga olahraga di luar ruangan seperti bulu tangkis dan bersepeda dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ia menyampaikan pesan untuk para musisi untuk tetap semangat dalam berkarya.

"Sempat lemas, karena sudah berusaha keluarkan single, tapi enggak bisa manggung karena Covid," ujar Maulana.

Kendati demikian, semangat dan dukungan dari fans yang membuat Maulana menjadi semangat kembali. Ia sering melakukan live di Instagram sambil cover lagu untuk berinteraksi dengan penggemar dan memberikannya semangat.

Untuk menghasilkan sebuah karya, biasanya musisi memerlukan sebuah inspirasi untuk karya selanjutnya. Begitu pun dengan Maulana yang biasa mendapat inspirasi ketika ditemani secangkir kopi.

"Inspirasi kan dipengaruhi dari beberapa faktor, kalau saya mencari apa yang dalam hidup saya yang belum diluapkan dalam bentuk lirik. Itu yang harus benar-benar dikuras jadi terbentuk lirik dan biasa pendampingnya sih kopi saja," ujarnya.

Maulana memberikan pesan untuk para musisi dan seniman agar tetap optimis dan percaya bahwa pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir serta terus mencari inspirasi jangan sampai berhenti berkarya. Ia juga mengingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 3M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan) dan mengonsumsi makanan sehat.

Selain itu, Maulana juga setuju terkait kebijakan pemerintah yang akan memberikan bantuan kepada para pekerja seni.

"Jadi istilahnya ladang kita sudah susah, menurut aku ketika pemerintah mau kasih sih setuju," tutup dia. (Red)

Editor: Muhammad Rizal

Tags

Terkini

Majukan Masyarakat Desa, PADI Gandeng PPKB Brimob

Selasa, 7 Desember 2021 | 13:55 WIB
X