KPU Jabar Pastikan Penyelenggaraan Pilkada Utamakan Kesehatan dan Keselamatan Pemilih

JABARNEWS | BANDUNG – KPU Provinsi Jawa Barat memastikan penyelenggaraan Pilkada 9 Desember 2020 akan mengetatkan protokol kesehatan 3M untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok mengatakan, akan menjalin kerjasama dan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 baik dilevel Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini, maka kami berjalan berdampingan bersama pemerintah dan DPR bahwa Pilkada ini dilaksanakan dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan dan koordinasi gugus tugas di masing masing level baik provinsi, kota maupun kabupaten,” kata Rifqi di Bandung, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga:  Petugas Gagalkan Penyeludupan Tumis Cumi Isi Sabu di Lapas Sukabumi

Dia menjelaskan, penyelenggara akan menjamin kesehatan dan keselamatan dalam pemilihan dan pihak yang terlibat. Sehingga, lanjut Rifqi, dipastikan bahwa penyelenggara dan pemilih adalah orang yang sehat.

Baca Juga:  RSUP Hasan Sadikin Bandung Siap Tangani Pasien Terinveksi Coronavirus

“Saat ini sudah 90% tahapan terpenuhi dalam tahap Pilkada baik anggaran, ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD), memfasilitasi rapid dan swab tes bagi penyelenggara dan petugas KPPS,” jelasnya.

“Kami berkoordinasi dengan tim gugus tugas untuk alat dan kesiapan petugas serta pemuktahiran data pemilih sebanyak 11,8 juta jiwa di 8 daerah yang ada di Jawa Barat,” tambahnya.

Selain itu, sambung Rifqi, akurasi pemilih pada Pilkada tahun ini dibandingkan sebelumnya telah lebih baik. Tak hanya itu, dia mengungkapkan, logistik yang sudah siap sehingga hanya menunggu distribusi untuk kemudian proses pemungutan suara yang diharapkan dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Asyiknya Berteduh Dan Rekreasi Di Talaga Pancar

“KPU menjamin kemanan dan kesehatan dalam Pilkada, semoga akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan yaitu sehat dan berintegritas,” tutupnya. (Rnu)