• Kamis, 9 Desember 2021

Kembangkan Manajemen Talenta ASN, LAN: Proses Reformasi Birokrasi

- Kamis, 26 November 2020 | 13:46 WIB
Diskusi publik Deputi Kajian dan Inovasi Manajemen ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN). (Foto: Deputi LAN)
Diskusi publik Deputi Kajian dan Inovasi Manajemen ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN). (Foto: Deputi LAN)

JABARNEWS | BANDUNG - Deputi Kajian dan Inovasi Manajemen href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN), Agus Sudrajat mengungkapkan saat ini pemerintah sedang melakukan percepatan proses reformasi birokrasi melalui penguatan sistem merit, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membentuk manajemen talenta bagi href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN.

"Manajemen Talenta href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN merupakan sebuah proses komprehensif dan dinamis untuk mengelola dan mengembangkan href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN yang memiliki potensi terbaik sesuai jabatan yang dipangku atau dituju dalam organisasi melalui pengembangan yang searah dan terintegrasi," kata Agus dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/11/2020).

Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan yang tercantum didalam Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 3 tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara. Agus menjelaskan bahwa tujuan Manajemen Talenta href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN diantaranya adalah untuk menemukan dan mempersiapkan talenta terbaik.

"Untuk mengisi posisi kunci sebagai pemimpin masa depan (future leaders) dan posisi yang mendukung urusan inti organisasi (core business) dalam rangka optimalisasi pencapaian tujuan organisasi dan akselerasi pembangunan nasional," jelasnya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Ahli Muda Kemenpan dan RB, Sudibyo menuturkan bahwa Manajemen Talenta href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN Nasional adalah sistem Manajemen Karier href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN yang meliputi tahapan akuisisi, pengembangan, retensi, dan penempatan talenta yang diprioritaskan untuk menduduki jabatan target berdasarkan tingkatan potensial dan kinerja tertinggi.

"Dalam Pasal 7, Manajemen Talenta href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN Nasional ditetapkan dan dilaksanakan oleh Tim Manajemen Talenta href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN Nasional yang terdiri dari unsur Kemenpan dan RB, Kementrian PPN/Bappenas, Kemendagri, LAN, BKN, dan KAS," ucap Sudibyo.

"Manajemen Talenta href="https://www.jabarnews.com/tag/ASN">ASN Nasional ini merupakan proyek prioritas nasional dalam RPJMN 2020-2024 dalam rangka memperkuat transformasi pelayanan publik untuk mecapai World Class Bureaucracy," tutupnya. (Rnu)

Editor: Solahudin

Tags

Terkini

Tutup Tahun 2021, Bank Bjb Catat Kinerja Impresif

Kamis, 9 Desember 2021 | 09:48 WIB
X