Banjir Kota Tebing Tinggi, Puluhan Ribu Jiwa Terdampak

JABARNEWS | TEBING TINGGI – Banjir yang melanda Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara semakin meluas, karena hujan deras terjadi sejak, Sabtu (28/11/2020) malam.

Dari data BPBD Kota Tebing Tinggi sebanyak 6138 KK dan 25297 jiwa terdampak banjir dari lima kecamatan yaitu Kecamatan Tebing Kota, Bajenis, Padang Hilir, Padang Hulu dan Rambutan. Debit air masih mencapai 1 meter.

Baca Juga:  Tiga Kota Ini, Jadi Destinasi Populer Mudik Lebaran

Kepala BPBD Kota Tebing Tinggi, Wahid Sitorus mengatakan, hujan terjadi sejak Sabtu malam dan meluapnya sungai Padang membuat banjir semakin meluas kearah Kecamatan Rambutan.

“Tadi malam banjir meluas arah Kecamatan Rambutan,” katanya, Minggu (29/11/2020).

Ia menjelaskan, BPBD masih melakukan kordinasi dengan seluruh Camat untuk mendata jumlah keseluruhan yang terdampak banjir. Diperkirakan ada penambahan jumlah KK yang terdampak banjir sejak banjir meluas malam tadi.

Baca Juga:  Polres Bogor Tangkap 10 Pengedar Narkoba dalam Dua Pekan Terakhir

“Masih kordinasi dengan pada Camat untuk mengumpulkan data terbaru yang terdampak banjir,” ucap Wahid Sitorus.

Menurutnya, walaupun debit air mulai turun, namun warga yang tinggal di sekitaran sungai Padang agar selalu waspada terjadinya banjir lebih parah mengingat curah hujan di sekitar gunung masih cukup tinggi. Untuk warga tinggal di tenda pengungsian agar menjaga kesehatan.

Baca Juga:  Lahan Tak Stabil, Rumah Dua Dusun di Desa Margamukti Sumedang Retak-retak

“Mengingat cuaca masih ekstrim dengan curah hujan cukup tinggi, kita minta warga tinggal di pinggir sungai Padang agar tetap waspada dan yang dipengungsian agar selalu menjaga kesehatan,” tukasnya. (Ptr)