Gatot Kaca Di Purwakarta Roboh, Ini Penyebabnya

JABARNEWS | PURWAKARTA – Patung wayang menyerupai gatot kaca berdiri gagah dengan pose seolah akan terbang, yang berada di perempatan iming, Jalan Taman Pahlawan-Jalan Ibrahim Singadilaga, Kelurahan Purwamekar, Purwakarta, tiba-tiba roboh, Senin (7/12/2020).

Menurut Salah seorang warga sekitar bernama Fikri (22), patung tersebut tiba-tiba saja roboh, padahal saat itu kejadian tak ada angin maupun hujan deras.

Baca Juga:  Bikin Bangga, Atlet Judo Subang Sumbang Medali Emas

“Kejadian robohnya patung itu diperkirakan pukul 11. 30 Wib. Penyebabnya saya tidak tahu pasti, patung itu tiba-tiba saja roboh gitu aja,” ujar dia.

Fikri menjelaskan, ketika kejadian beruntung tak ada satu orangpun pejalan kaki yang berada di trotoar sekitar patung.

“Pas roboh gak ada orang yang lewat untungnya. Material patung juga beruntung tidak menimpa para pengguna jalan,” ucap pria yang merupakan penjaga konter tak jauh dari lokasi tersebut.

Baca Juga:  Tilang Elektronik di Jalur Busway Akan Diberlakukan

Berdasarkan pantauan Jabarnews.com, patung tersebut menjadi beberapa bagian, badan dan lengan berikut kepala sudah terpisah.

Tak lama kemudian petugas dari Bidang Pertamanan dan PJU pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) datang dan langsung evakuasi material patung.

Baca Juga:  PMII Komisariat UPI Sumedang Selenggarakan Pergerakan Literasi

“Penyebab pastinya sedang diteliti kasi pertamanan,” ujar Kepala Bidang Pertamanan dan PJU pada Distarkim, Kosasih.

Ia memperkirakan robohnya bangunan patung tersebut telah dimakan usia, ditambah intensitas hujan di Purwakarta tinggi.

“Menurut informasi patung tersebut dibangun pada 2011 lalu. Kemungkinan sudah berusia ditambah cuaca dan angin,” singkat Kosasih.

Penulis: Gigin Ginanjar