Serangan Fajar Pilkada 2020 Muncul di Tiga Daerah di Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat mencatat, sedikitnya tiga daerah di Jabar terdapat praktik politik uang jelang pemungutan suara Pilkada 2020.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jabar Zaki Hilmi mengungkapkan, temuan dan laporan menyangkut praktik politik transaksional itu ada di Kabupaten Bandung, Indramayu, dan Karawang.

Bawaslu Kabupaten Bandung, terang dia, saat ini sedang menangani dua kasus dugaan politik uang yang terkait dengan ajakan memilih pasangan calon tertentu.

Baca Juga:  Aksi Penyerangan Kelompok Motor di Kota Bandung Dipicu Masalah Sepele, Tiga Orang DPO

“Di Kabupaten Bandung, ada dua kasus yang sedang ditangani. Dugaan money politic di Kabupaten Bandung itu terjadi pada masa renang, di Paseh dan Ketapang,” katanya, Rabu (9/12/2020). 

Di Kabupaten Indramayu, lanjut Zaki, juga ada dua perkara dugaan politik uang yang sedang ditangani oleh Bawaslu. Serangan fajar itu ditemukan di Kecamatan Lohbener dan Karangampel.

Baca Juga:  Setelah 10 Tahun, Lansia Terpidana Korupsi Mamin Pemkab Purwakarta Baru Dieksekusi

“Semalam langsung diproses oleh Bawaslu Indramayu. Itu dari hasil laporan dan penangkapan oleh masyarakat, diduga melibatkan RW,” kata Zaki, yang memantau Pilkada 2020 di Kabupaten Tasikmalaya.

Adapun di Karawang, dia menyebutkan juga ada dua perkara politik uang yang sedang ditangani. Salah satu perkara diterima Bawaslu Kabupaten Karawang pada hari pencoblosan.

“Di Karawang ini ada laporan dari lembaga swadaya masyarakat, terkait adanya pembagian uang yang merupakan dugaan money politic. Pagi hari disampaikan ke Bawaslu,” tuturnya.

Baca Juga:  Tedy Rusmawan: Sebaiknya Ada Hotline Service Disnaker untuk Pencari Kerja 

Di sisi lain, Zaki pun mengapresiasi kepedulian masyarakat di Tasikmalaya dalam menangkal politik uang. Kepedulian itu diwujudkan dengan penyebaran spanduk anti-money politic.

“Itu menarik, karena kesadaran masyarakat untuk mencegah money politic muncul pada masyarakat di Tasikmalaya, terutama di Cineam dan Manonjaya. Ini hanya di Tasikmalaya,” tukasnya.

Penulis: Yoyo W