• Selasa, 26 Oktober 2021

Yana Mulyana: Metode Eco Enzym, Konsep Baru Bantu Selesaikan Sampah

- Jumat, 11 Desember 2020 | 14:15 WIB
WAKIL Wali Kota Bandung Yana Mulyana, (Foto: Pikiranrakyat)
WAKIL Wali Kota Bandung Yana Mulyana, (Foto: Pikiranrakyat)

JABARNEWS | BANDUNG - Metode eco enzym diharapkan mampu menjadi satu konsep baru, sebagai solusi membantu menyelesaikan sampah organik di Kota Bandung.

Selain itu, pemanfaatan Metode eco enzym ini juga digarapkan bisa menjadi solusi dalam upaya mengurangi sampah dan memperbaiki kualitas air sungai di Kota Bandung.

Saat ini, pemenfaatan Metode eco enzym sudah mulai digerakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, bersama relawan dari komunitas dan kewilayahan.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana pun menyambut baik metode tersebut yang bisa menjadi satu konsep baru yang membantu menyelesaikan sampah

"Karena ini digerakkan oleh komunitas, pemerintah tentunya harus ikut mendorong. Mudah-mudahan dapat membantu sekian persen permasalahan sampah organik di Kota Bandung," kata Yana.

Ia menilai, dengan banyaknya sampah organik dari pasar tradisional yang tersebar di Kota Bandung akan bisa terdorong dengan adanya metode ini, kata dia, karena sampah organik dari 37 pasar tradisional seperti buah dan sayuran itu cukup banyak.

Sementara itu, Kepala DPU Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, setiap pekan pihaknya telah membuat eco enzym. Pada pembuatan yang ketujuh disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota di Kantor UPT Tegalega.

"Sebelumnya sudah dilakukan enam kali. Ini yang ketujuh. Tapi panennya di akhir Januari atau awal februari. Setelah panen kita akan tuangkan ke badan-badan air seperti kolam retensi dan sungai-sungai yang strategis di Kota Bandung," katanya.
Penulis

Editor: Iqbal Safana

Tags

Terkini

Hoax! Uni Eropa Akan Menghentikan Vaksin Covid-19

Senin, 25 Oktober 2021 | 12:23 WIB
X