Dramatis! Evakuasi Tujuh Orang Warga Terjebak Lahar Dingin Gunung Semeru

JABARNEWS | BANDUNG – Sebuah video menampilkan sejumlah orang yang bekerja di kebun, terjebak banjir lahar dingin Gunung Semeru, Selasa (15/12/2020). Evakuasi pun berlangsung dramatis.

Dalam video yang direkam oleh anggota tim reaksi cepat BPBD di Sungai Dusun Sumbersari. Petugas melakukan evakuasi tujuh orang warga di Lumajang Jawa Timur yang terjebak lahar dingin saat hendak menyeberang di sungai.

Baca Juga:  Kunjungan Presiden Jokowi, Polres Purwakarta Kerahkan Ratusan Personel

Proses evakuasi pun dilakukan oleh tim SAR gabungan, mengingat banjir datang dengan tiba-tiba, petugas harus menunggu lahar dingin surut.

Petugas menggunakan bambu dan tangga untuk menolong korban.Banjir datang dengan tiba-tiba, hingga warga menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Longsor Kembali Terjadi di Gunung Anaga Purwakarta, Pengungsi Bertambah

<iframe width=”560″ height=”315″ src=”https://www.youtube.com/embed/yecsoQnHaTA” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen></iframe>

Selain itu, lantaran takut aliran lahar dingin gunung semeru bertambah besar, satu keluarga di Desa Jugosari memilih mengungsi di dekat kandang kambing.

Baca Juga:  Kerja Bakti, Pegawai BKPSDM Purwakarta Cat Trotoar

Informasi yang berhasil dihipun, mereka trauma pada kejadian banjir lahar dingin tahun 1976 lalu yang telah meluluhlantakkan permukiman warga yang ada di desanya.