Bantu Warga Korban Angin Puting Beliung, Dinsos Cirebon Sediakan Dapur Umum

JABARNEWS | CIREBON – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mendirikan dapur umum untuk membantu konsumsi warga yang menjadi korban bencana alam angin berputar atau puting beliung di Desa Slangit.

“Kami dirikan dapur umum untuk memenuhi konsumsi warga dan petugas selama masa tanggap bencana leysus ini,” kata Kepala Bidang Pelindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Eman Sulaiman di Cirebon, Minggu (3/1/2021).

Baca Juga:  HJKB 2022, Wujud Kota Bandung Bangkit Pulihkan Ekonomi

Eman mengatakan pihaknya menyiapkan kurang lebih 1.000 porsi bagi korban bencana angin ini dan juga para petugas yang membantu warga membersihkan puing-puing bangunan.

Dapur umum, lanjut Eman, didirikan selama dua hari ke depan, namun pihaknya juga masih melihat kondisi di lapangan, apabila masih diperlukan, maka akan diperpanjang.

Baca Juga:  Terjadi Ledakan di Kota Nashville, Kemenlu: Tidak Ada WNI Yang Jadi Korban

“Sementara kami siagakan selama dua hari terlebih dahulu, tapi kalau memang diperlukan lagi, akan kami perpanjang,” ujarnya.

Eman menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD dan lainnya untuk penyaluran konsumsi kepada warga yang terdampak bencana alam angin puting beliung.

“Kami terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk pendistribusian makanan ini,” kata Eman.

Baca Juga:  Pembunuh Satu Keluarga Di Bekasi Peragakan Aksinya

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cirebon Alex Suheriyawan mengatakan bencana alam angin puting beliung yang terjadi di Desa Slangit, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon terjadi pada Sabtu (2/1/2021) sekitar jam 16.50 WIB.

“Akibat bencana itu 278 rumah rusak baik berat, sedang dan ringan,” kata Alex. (Ara)